Sukses

Alami Gangguan, Tes Seleksi CPNS Cirebon Hari Pertama Diundur

Liputan6.com, Cirebon - Beragam permasalahan terjadi ditengah Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di daerah, termasuk di Cirebon, Jawa Barat.

Koneksi internet menjadi faktor utama kelancaran pelaksanaan tes SKD CPNS Kabupaten Cirebon. Panitia terpaksa mengubah ulang jadwal tes SKD yang digelar pada Minggu, 29 Oktober 2018, menjadi Jumat 2 November 2018 mendatang.

Ribuan pendaftar yang sudah siap mengikuti tes CPNS itu harus menelan rasa kecewa. Para pelamar sudah datang ke lokasi tes di Hotel Radiant Gronggong Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon sejak pukul 07.00 WIB pagi.

"Ada gangguan teknis dari sarana prasarana penunjang server sejak pagi tadi, sudah diusahakan tapi gagal," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Cirebon H Supadi Priyatna, Minggu (28/10/2018).

Pengumuman kemunduran waktu tes pada hari pertama diumumkan panitia pada pukul 15.00 WIB. Dia mengaku, panitia lokal tes SKD harus menunggu pihak Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara Bandung untuk memastikan tes tersebut benar- benar diundur.

Namun demikian, Supadi menegaskan, mundurnya jadwal tes hanya peserta yang terjadwal di hari yang sama. Dia pun memastikan jadwal tes di hari kedua hingga selesai akan berjalan lancar.

"Hari Senin sampai selesai kami pastikan lancar dan hanya hari ini saja server tidak baik," ujar dia.

Di Kabupaten Cirebon, tes SKD sendiri akan berjalan lima hari mulai tanggal 28 Oktober hingga 1 November. Tes SKD di wilayah III Cirebon dipusatkan di Kabupaten Cirebon.

Khusus pendaftar CPNS Kabupaten Cirebon mencapai 10.093 orang. Jika sesuai jadwal, tes SKD ini digelar mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB, terdapat empat sesi di dalamnya dengan masing- masing sesi selama 90 menit.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Pelamar

Mundurnya jadwal tes SKD pada hari pertama tersebut sangat disesalkan para peserta.

"Kecewa sekali saya sesi pertama dan sampai sekarang jam 11 belum juga ikut tes," kata salah seorang pelamar, Hendi.

Hendi mengaku, sejak datang ke lokasi tes, dia hanya diminta panitia untuk duduk di ruang tunggu. Hendi yang hendak registrasi 90 menit sebelum ujian pun belum bisa dilayani.

Sejak pagi pukul 08.00 WIB di Hotel Radiant, para peserta hilir mudik ke ruangan tunggu. Sementara tes ini digelar di aula tertutup hotel.

"Registrasi juga susah dan sekarang sudah jam 10 lebih sesi pertama selesai masuk sesi kedua," kata dia.

Sejumlah petugas berupaya membetulkan koneksi di tiap lap top, tapi akhirnya gagal. Dia menilai pemerintah terkesan tak serius membuka pendaftaran CPNS tahun 2018 ini.

Padahal, para peserta banyak berharap agar pelaksanaan tes SKD di Kabupaten Cirebon berjalan lancar. Namun demikian, dia mengaku tidak patah semangat meski jadwal pelaksanaan diundur.

"Positif saja mungkin lebih memberikan peluang agar kita lebih banyak belajar. Semoga jadwal baru nanti tidak ada gangguan lagi," harap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: