Sukses

Cerita Anies Baswedan Hobi Makan Nasi Lengko Cirebon Sejak Kecil

Bumbu yang ada dalam porsi Nasi Lengko yang disukai Anies Baswedan hanya dapat ditemukan di Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Di tengah kesibukannya menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan selalu menyempatkan diri pergi menyantap makanan kesukaannya di Cirebon. Nasi lengko, makanan khas Cirebon ini menjadi menu favorit Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengaku selalu mampir untuk makan nasi lengko sebelum pulang ke kampung halamannya di Kuningan, Jawa Barat. Warung Nasi Lengko H Barno menjadi tempat makan langganan Anies sejak kecil.

"Dari saya kecil sudah makan di sini, dari SD, SMP saya kan sekolah di Jogja tapi kalau pulang ke Kuningan naik kereta turun di stasiun Kejaksan ya mampir naik becak," tutur Anies seraya mengingat kembali masa lalunya, Jumat, 5 Oktober 2018.

Dia mengaku, tak pernah ketinggalan untuk menyantap makanan khas Pantura Jawa Barat ini. Bahkan, nasi lengko H Barno tak pernah absen dari setiap kunjungan Anies ke Cirebon.

Anies mengaku suka makan Nasi Lengko Cirebon karena porsi hingga rasanya yang pas. Beberapa bumbu dari nasi lengko itu sendiri hanya dapat ditemukan di Cirebon.

"Kecapnya khas tidak ada di luar dan yang khas lagi kalau makan lengko di Cirebon itu selalu ada satai jadi sudah seperti satu paket begitu," ujar dia.

Selain kecap, sejak kecil porsi dari nasi lengko di tempat langganannya tidak pernah berubah. Oleh karena itu, dia tidak bisa membohongi rasa yang didapat setiap kali makan nasi lengko.

Nasi lengko sendiri merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang banyak digemari pengunjung jika singgah ke Cirebon. Nasi dengan bauran tempe, tahu, tauge, kecap, bumbu kacang, kucai itu memiliki kekhasan.

"Soal rasa itu personal sekali, jadi kalau kita kecil suka dengan sesuatu belum tentu secara objektif itu enak. Tapi kalau kita suka sampai besar juga enak, nah kalau lengko objektif enak juga. Rasanya pas kalau nambah kekenyangan kalau dikurangi rasanya enggak sampai," ungkap Anies Baswedan.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lengko Buatan Istri

Kegemaran Anies Baswedan menyantap nasi lengko Cirebon bukan hanya saat pulang kampung. Dalam aktivitas sehari-hari di Jakarta, Anies pun selalu makan nasi lengko buatan istrinya.

"Istri saya di rumah di Jakarta selalu bikin lengko semirip yang di Cirebon jadi bukan hanya di kantor saja," kata dia.

Selain menikmati kuliner favoritnya itu, Anies mengaku ikut merasakan perubahan yang terjadi di Cirebon. Menurut dia, Cirebon mengalami perubahan yang signifikan.

"Kalau dilihat dulu Kota Cirebon tidak macet dan sekarang macet. Saya tadi keluar lewat Plered dan padat sekali," ungkap dia.

Anies Baswedan diketahui tengah mengikuti rangkaian ulang tahun Korpri digelar Pemprov DKI di Linggarjati Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang digelar Jumat, 5 Oktober 2018. Keesokan harinya, Anies akan kembali ke Jakarta mengikuti pembukaan Asian Para Games.

"Tahun lalu di puncak dan tahun ini di Linggarjati besok saya kembali ke Jakarta lagi. Sambil mantau kondisi di Jakarta dari sini (Kuningan)," Anies menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.