Sukses

Semangat Pagi Berlatih Flashmob untuk HUT Kota Yogyakarta

Ayo ikut meriahkan HUT Kota Yogyakarta dengan cara seru yang satu ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #3 kembali digelar di Tugu Yogyakarta, Minggu (7/10/2018). Perayaan HUT ke-262 Kota Yogyakarta ini akan mengajak peserta pawai dan penonton di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai Margo Utomo untuk melakukan flashmob yang dipandu lewat layar raksasa.

Flashmob yang diberi nama Goyang Wayang Japhemete ini memakai koreografi sederhana sehingga mudah diikuti anak-anak sampai orang lanjut usia. Flashmob akan diikuti seluruh orang yang berada di kawasan WJNC sebelum kereta pembuka acara berjalan.

"Konsep street art semakin matang dalam acara ini, konten acara sebagai satu kesatuan yang diharapkan lebih atraktif," ujar Yetti Martani, show director WJNC, dalam jumpa pers di Balai Kota Yogyakarta, Jumat, 5 Oktober 2018.

Pawai diikuti 1.400 orang dari 14 kecamatan di Yogyakarta. Mereka menampilkan tema wayang yang berbeda-beda dan mempertontonkan atraksinya di tiga titik, yakni eks gedung Indosat Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Pal Putih, dan depan kantor KR Jalan Margo Utomo.

Beberapa pawai wayang yang ditampilkan antara lain, Rama Sinta dari Kecamatan Kotagede, Srikandi dari Danurejan, Kunti dari Gondomanan, Kresna dari Gondokusuman, Larasati dari Kraton, dan Hanoman dari Umbulharjo.

"Tokoh-tokoh ini diwujudkan lewat koreogfari dan bukan terjebak pada dramatik alur cerita," ucap Yetti.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pertunjukan pawai diiringi tiga jenis musik yang berbeda. Empat peserta dengan musik A, lima peserta dengan musik B, dan lima peserta terakhir dengan musik C.

Bagi penonton yang ingin menyaksikan malam karnaval wayang dan mengikuti flashmob diharapkan sudah berkumpul di tempat acara pada pukul 17.00 WIB supaya bisa menentukan posisi. Sebab, pengalihan arus lalu lintas dan penutupan jalan di seputar tempat acara dilakukan setelah pukul tersebut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.