Sukses

Ridwan Kamil Ingin Percantik Gedung Sate, Begini Rencananya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai sejumlah sudut di Gedung Sate, Bandung, mubazir.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menata ulang beberapa ruangan dan halaman Gedung Sate. Ia berjanji tidak akan mengubah struktur utama karena merupakan bangunan cagar budaya.

Ia sempat meninjau ke beberapa sudut Gedung Sate pada hari pertamanya berkantor. Menurut Emil, sapaan akrabnya, ada sejumlah ruangan maupun halaman mubazir yang harus dimanfaatkan.

"Saya punya mata sebagai arsitek, di sini banyak ruang-ruang mubazir sebenarnya lebih baik dimanfaatkan oleh masyarakat seperti di halaman belakang itu, asalkan tidak mengganggu aktivitas kerja pegawai," kata Emil dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 9 September 2018.

Sebagai bangunan cagar budaya dan menjadi destinasi wisata, rencananya penataan Gedung Sate ini akan berkonsep ramah wisatawan. Ia menginginkan gedung yang dibangun pada 1920 ini tidak memiliki kesan angker dan formal.

"Jangan angker, jangan terkesan sangat formal seperti istana negara," ucapnya.

Emil menggambarkan penataan di beberapa sudut Gedung Sate ini seperti di halaman belakang yang akan dibuat pelataran. Di halaman tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk menerima tamu kenegaraan.

"Kota Bandung kan cuacanya sejuk ya nanti bisa untuk makan malam di situ, bisa juga dijadikan untuk menerima tamu kenegaraan," jelasnya.

Realisasi penataan Gedung Sate tersebut rencananya dilakukan pada 2019. "Kalau yang menata Gedung Sate ini dalam setahun ke depan, itu kan anggarannya di 2019," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.