Sukses

Pagi Merdeka di Air Terjun Ngamba Mbu'u

Liputan6.com, Kupang - Memperingati HUT ke-73 RI, warga desa Tonggopapa, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, NTT menggelar upacara bendera di wisata air terjun Ngamba Mbu'u yang letaknya sekitar 2 Km dari pemukiman warga. Upacara ini selain sebagai peneguh nasionalisme, juga untuk mempromosikan air terjun Ngamba Mbu'u.

Kepala Desa Tonggopapa Hironimus Raja menyebutkan bahwa selama ini air terjun Ngamba Mbu'u belum di kenal oleh masyarakat luas sehingga butuh untuk dipromosikan. Momentum peringatan HUT ke-73 RI menjadi sangat strategis dijadikan tonggak promosi.

"Moment ini tepat untuk menarik perhatian pengunjung dan bisa di kenal di tingkat Nasional," kata Hironimus kepada Liputan6.com, Minggu 19 Agustus 2018. 

Oyen Tibo, seorang mahasiswa STPM Santa Ursula yang sedang KKN, mengatakan bahwa air terjun di desa Tonggopapa itu sejatinya seperti surga tersembunyi. Hanya butuh sentuhan promosi dari pemerintah Kabupaten Ende, ia akan dikenal. 

Saat ini mudah. Bisa memanfaatkan media sosial," kata Oyen Tibo.

Sementara itu warga kecamatan Ende Blasius A. Rinda menyebutkan bahwa  pemerintah Kabupaten Ende idealnya mempromosikan obyek-obyek wisata lokal. Tujuannya jelas, memberdayakan masyarakat lokal dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kalau air terjun ini dikelola secara baik bisa meningkatkan pendapatan desa dan saya sangat yakin ekonomi warga akan berubah, semua bisa jadi uang," ujar Blasius.

Dia meminta pemerintah Kabupaten Ende segera memperbaiki infrastruktur jalan dari ibu kota kecamatan menuju desa Tonggopapa sehingga tidak menyulitkan wisatawan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak video menarik pilihan berikut di bawah:

2 dari 2 halaman

Seakan Lupa Jalan Pulang

Air terjun Ngamba Mbu'u yang eksotis terletak persis di kampung Woloora, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende. Alam di sekitar lokasi sangat hijau, sejuk, dan tenang. Sangat sebanding dengan lelah saat menuju lokasi. 

Posisi air terjun Ngamba Mbu’u itu berada diantara tebing. Secara visual ada sensasi berbeda dan menjadi terkesan imajinatif. 

Dalam kultur setempat, Ngamba artinya jurang dan Mbu’u adalah nama tempat itu. Ngamba Mbu’u artinya sebuah tempat yang dikelilingi tebing-tebing tinggi. Tak hanya tebing, air terjun itu adalah bonus keindahan yang sensasinya berbeda. Apalagi tebing-tebing itu cukup lebat ditumbuhi pepohonan.

Objek wisata air terjun Ngamba Mbu’u memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Pancuran air raksasa ini sangat jernih dan bersih. Jika berada di lokasi, membuat siapapun seakan lupa jalan pulang dan ingin bertahan lebih lama.

Di sekitar air terjun,  ada beberala kolam kecil alam sebagai tempat permandian warga setempat.Akses menuju lokasi hingga kini belum tersentuh pembangunan dan masih merupakan hasil upaya warga.