Sukses

Mampir ke Palembang, KRI Dewaruci Ramaikan Perhelatan Asian Games

Liputan6.com, Palembang - Kapal perang Republik Indonesia KRI Dewaruci menggelar nonton bareng alias nobar siaran langsung pembukaan Asian Games XVIII, di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sabtu (18/8/2018) malam.

Nonton bareng awak kapal dan masyarakat di sekitar pelabuhan merupakan puncak acara perjalanan menjelajahi nusantara di kota yang menjadi salah satu tuan rumah Asian Games, kata Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo.

Menurut dia, kedatangan KRI Dewaruci di Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII bersama Jakarta, membawa misi mengamankan dan menyukseskan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

KRI Dewaruci mengawali perjalanan dari Surabaya pada 23 Juli dengan tujuan pelabuhan pertama di Kota Makasar, Sulawesi Selatan, 27 Juli 2018 lalu, berpartisipasi dalam acara torch relay atau kirab obor api Asian Games.

"Setelah melakukan pelayaran yang cukup panjang, dalam kesempatan berlabuh di Palembang, KRI Dewaruci berpartisipasi menyemarakkan pembukaan Asian Games," ujarnya dilansir Antara.

Dia menjelaskan, kapal latih legendaris milik TNI AL itu berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis, 16 Agustus 2018 sekitar pukul 11.30 WIB setelah sehari sebelumnya bersandar di pelabuhan PT Pertamina, Plaju pada Rabu, 15 Agustus 2018.

Selama berada di Palembamg, pihaknya membuka kesempatan masyarakat naik ke atas kapal (open ship) untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai kapal latih tiang tinggi AAL buatan Jerman itu.

Masyarakat yang berkunjung akan disambut dan menerima penjelasan mengenai sejarah kapal dari awak kapal yang dipimpin Eksekutif Tertinggi (Executive Officer) Perwira Pelaksana Mayor Laut (P) Sriadi.

Kapal yang memperkuat jajaran TNI AL sejak 1953 itu, telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia yakni pada 1964 dan 2012, dan ke Palembang yakni pada 1971 atau 47 tahun lalu dan Agustus 2018 ini.

Setelah menggelar nonton bareng pembukaan Asian Games dan beberapa rangkaian acara selama di Palembang seperti upacara peringatan HUT RI 17 Agustus, open ship, pihaknya akan melanjutkan pelayaran ke Jakarta, Minggu, 19 Agustus 2018 pagi untuk menyemarakkan lomba perahu layar di Pantai Ancol, kata Komandan KRI Dewaruci.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut ini: