Sukses

Api Obor Asian Games Tiba, Candi Muaro Jambi Semoga Kian Menyala

Api Asian Games 2018 tiba di kompleks Candi Muaro Jambi. Situs purbakala Muaro Jambi merupakan kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jambi - Api Asian Games 2018 akhirnya tiba di kompleks Candi Muaro Jambi, Jambi, Jumat (3/8/2018). Pemerintah setempat berharap kegiatan itu mampu membawa dampak positif bagi situs purbakala terbesar dan bersejarah ini bisa lebih mendunia.

Harapan itu disampaikan oleh Bupati Muaro Jambi, Jambi, Masnah Busyroh di sela menerima api Asian Games 2018 dalam tinder box yang sebelumnya diterbangkan dari Padang, Sumatera Barat. Sebelumnya api dibawa Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno dari Bandara Sultan Thaha, Jambi.

"Kompleks candi Muaro Jambi merupakan situs peradapan Buddha terbesar dan saat ini terus dikembangkan. Dengan momen ini kami harapkan bisa lebih banyak yang mengenal dan mendunia," kata Bupati Muaro Jambi, Masnah Busyroh, dilansir Antara.

Situs purbakala kompleks percandian Muaro Jambi merupakan kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. Luasnya 3.981 hektare, kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Kompleks percandian ini terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di tepi Batang Hari, sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi.

Candi Muaro Jambi diperkirakan berasal dari abad ke-11 Masehi dan lokasi tersebut merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di Pulau Sumatera. Sejak 2009, Kompleks Candi Muaro Jambi telah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia.

Masnah Masyroh melanjutkan, saat ini kompleks Candi Muaro Jambi merupakan unggulan pariwisata di wilayahnya. Untuk itu pembenahan terus dilakukan dengan bekerja sama dengan perintah pusat. Pihaknya ingin kompleks candi benar-benar menjadi destinasi wisata internasional.

"Makanya kami sangat bangga menjadi bagian dari Asian Games 2018 meski hanya sebatas dilalui apinya. Ini adalah sebuah perhargaan bagi kami yang berada di Muaro Jambi," kata wanita murah senyum itu.

Setelah dari kompleks Candi Muaro Jambi, api Asian Games berikutnya dibawa ke Kota Jambi untuk diarak keliling kota.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.