Sukses

Jalur Wisata Kuningan Padat, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan yang menuju ke kawasan wisata di Kuningan, Jawa Barat

Liputan6.com, Cirebon - Di tengah padatnya arus mudik pada hari Idul Fitri, sejumlah kendaraan juga memadati jalur dari arah Cirebon menuju Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Pengguna kendaraan menuju Kuningan dalam rangka mengisi waktu liburan. Lalu lintas di Simpang Tiga exit Tol Ciperna juga terpantau padat pada hari Sabtu, 16 Juni 2018. Sejumlah petugas tengah sibuk mengatur kelancaran kendaraan dengan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Traffic Management Manager Jasa Marga Palikanci Agus Hartoyo mengatakan, di simpang tiga exit Tol Ciperna dilakukan pemotongan arus. Kendaraan yang melaju dari Kabupaten Kuningan menuju Cirebon dibelokkan sedikit 200 meter memutar balik ke arah tol Ciperna, Cirebon.

"Yang penting roda kendaraan tidak berhenti berputar terlalu lama dan rekayasa ini sudah kami lakukan sejak tahun lalu juga," sebut Agus.

Untuk kendaraan keluar dari Tol Ciperna yang akan ke Kuningan tidak langsung menuju ke simpang tiga lampu merah. Namun, dibelokkan ke kiri arah Cirebon kemudian putar balik ke arah Ciperna. Dia mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan agar tidak ada pemotongan arus atau crossing di simpang tiga dan kendaraan tidak macet dan berhenti.

Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan, kondisi lalu lintas di sepanjang tol masih terpantau padat. Terlihat pada pukul 13.30 WIB di Gerbang Cikarang Utama masih terjadi antrean kendaraan, termasuk di rest area.

"Sempat ada contraflow dan semua kendaraan mengarah ke Jawa ya mungkin termasuk akan menuju ke Cirebon juga," ujar dia.

Dia memprediksi, peningkatan kendaraan yang ada di sepanjang jalur wisata Kuningan karena wilayah itu menjadi salah satu alternatif wisata. Pengunjung yang merasa jenuh dan bosan berwisata di Bogor maupun Bandung beralih ke Kuningan.

"Saya juga melihat di jalur Kuningan sendiri ada antrean dan mungkin akan diberlakukan buka tutup di jalur wisata," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Libur

Sementara itu, Kepala Pos PAM Ciperna Cirebon Iptu Muhidin menyebutkan, kepadatan di jalur Kuningan terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Kepadatan tersebut akan terus bergulir hingga musim libur selesai.

"Kami prediksi sampai H+4 kepadatan akan terus bergulir seperti ini yang ke Kuningan bahkan semakin banyak," sebut dia.

Dia menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang diberlakukan tersebut agar tidak terjadi kemacetan panjang. Apalagi, di area exit Tol Ciperna masih banyak pemudik yang berdatangan.

Sekitar 50 sampai 60 unit kendaraan baik roda empat maupun roda dua melintas tiap menit ke arah Kabupaten Kuningan. Kepadatan tersebut, diprediksi akan berlanjut hingga sore hari menjelang petang.

"Pengunjung dari pagi berangkat ke Kuningan kemudian sore pulang dan bermalam di Cirebon atau langsung pulang lewat tol dan kondisi itu terus bergulir," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.