Sukses

Lonjakan Penumpang Terminal Cicaheum Akhir Pekan Ini

Lonjakan penumpang di Terminal Cicaheum Bandung dalam rangka menyambut mudik Lebaran 2018 diprediksi akan terjadi akhir pekan ini.

Liputan6.com, Bandung Memasuki H-7 Lebaran Idul Fitri 2018, situasi di Terminal Cicaheum Bandung masih relatif sepi. Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan, lonjakan penumpang di terminalnya dalam rangka menyambut mudik Lebaran 2018 diprediksi akan terjadi akhir pekan ini.

"Untuk hari ini masih relatif sepi tapi diprediksi ada lonjakan Sabtu dan Minggu ini," ungkap Roni ditemui di kantornya, Jumat, 8 Juni 2018.

Terminal Cicaheum melayani rute antar kota dalam provinsi ke beberapa daerah seperti Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, dan lain-lain. Serta bus antar kota antar provinsi ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, puncak arus mudik di Cicaheum akan terjadi pada H-3 dan H-2. Diperkirakan jumlah penumpang akan mencapai angka 4.000.

"Khusus tahun ini karena ada cuti libur panjang sejak 11 Juni diprediksi ada lonjakan besar pada Senin nanti," jelas Roni.

Sebagai terminal tipe A di Bandung, Cicaheum menyediakan fasilitas kamar kecil, posko kesehatan dan posko keamanan. Untuk petugas keamanan yang disiagakan total berjumlah 74 orang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Teror, Personil Ditambah

Roni mengatakan, selain mengecek armada, pihaknya juga telah melakukan pengecekan kesehatan terhadap awak bus.

"Untuk pengecekan ksehatan kita sudah lakukan tiga kali bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat, Dinas Kesehatan dan Satresnarkokba Polres Bandung," kata Roni.

Hasilnya, sebanyak 40 supir yang diperiksa negatif menggunakan narkotika. "Tapi kebanyakan ada yang tensinya naik disebabkan kelelahan. Dengan kita kasih obat, tensi bisa turun kembali," jelasnya.

Sedangkan personil yang bekerja pada saat mudik dan arus balik Lebaran ditambah dari Polda Jabar.

"Tambahannya Dalmas Polda Jabar sebanyak 20 orang guna mengantisipasi teror," jelasnya.

Petugas pengendali pos pelayanan Terminal Cicaheum Ipda Sondakh Silalahi menambahkan, dari total 74 petugas gabungan dilakukan tiga shift kerja.

"Per shiftnya berjaga selama enam jam. Total satu hari yang berjaga 20 orang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.