Sukses

Dilema Pejabat Jembrana Gara-Gara Penyu

Setiap tahun kebutuhan penyu untuk persembahyangan tidak sampai 100 ekor.

Liputan6.com, Negara - Kebutuhan satwa penyu di Kabupaten Jembrana sebagai salah satu upakara atau sarana perlengkapan persembahyangan Umat Hindu di Bali mendatangkan dilema bagi pemerintah. Bupati Jembrana I Putu Artha termasuk salah satu yang mengalaminya.

Ia mengaku sering dimintai izin menggunakan daging penyu sebagai salah satu upacara persembahyangan.

"Hal ini menjadi dilema tersendiri, karena di satu sisi penyu adalah satwa yang dilindungi, sementara di sisi lain dibutuhkan sebagai sarana ibadah," katanya saat pelepasan penyu hijau sitaan Polres setempat, di pantai Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kamis, 7 Juni 2018, dilansir Antara.

Sebagai solusi, ia meminta seluruh komponen Umat Hindu untuk memikirkan jenis upakara pengganti daging penyu yang tidak mengurangi makna serta sesuai dengan tuntunan agama.

"Kalau boleh jangan pakai penyu untuk upakara persembahyangan. Tapi, masalah ini saya serahkan kepada pihak-pihak yang lebih paham aturan keagamaan," katanya.

Menurutnya, dari waktu ke waktu populasi penyu hijau semakin berkurang, karena satwa ini sulit untuk berkembang biak akibat berbagai faktor.

Ia mengatakan, sulitnya penyu berkembangbiak terbukti dari penelitian yang menyebutkan dari 1.000 ekor anak penyu atau tukik yang menetas, rata-rata hanya satu ekor yang bisa bertahan tumbuh hingga dewasa.

Terkait masalah kebutuhan penyu sebagai sarana persembahyangan ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali I Ketut Catur Marbawa mengatakan, pihaknya menerapkan prosedur yang ketat sebelum memberikan izin.

Ia mengatakan, mekanisme izin penggunaan penyu sebagai upakara juga melibatkan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), untuk menghindari persembahyangan dijadikan kedok agar bisa menyembelih satwa tersebut.

"Saat ada permohonan izin dari salah satu pura untuk menggunakan daging penyu, kami koordinasi dengan PHDI untuk mengecek kebenarannya. Contoh apakah benar di pura bersangkutan sedang melaksanakan persembahyangan yang membutuhkan penyu, serta jumlahnya berapa? Kami tidak ingin kebutuhannya hanya satu ekor tapi mengajukan izin lebih dari itu," katanya.

Senada dengan Artha, ia mengakui masalah penggunaan penyu sebagai upakara persembahyangan ini sangat dilematis. Sampai saat ini, pihaknya hanya bisa mengendalikan saja.

Menurutnya, dari permohonan yang masuk ke lembaganya, setiap tahun kebutuhan penyu untuk persembahyangan tidak sampai 100 ekor.

"Itu pun ukurannya tidak harus besar. Pokoknya asal penyu tanpa melihat ukuran bisa digunakan sebagai upakara," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.