Sukses

Selain Tol Gandulan Exit, Periksa Titik Kemacetan Mudik Lebaran di Pantura Barat

Liputan6.com, Pemalang - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin, menyatakan jika titik potensi kemacetan tidak hanya di jalur Tol TransJawa di Jawa Tengah, namun juga di jalur non-tol atau arteri Pantura Barat.

Ia menambahkan, untuk arus mudik tahun lalu tol yang berstatus fungsional dari Kaligangsa (Brebes Timur) ke Gringsing Batang.

"Memang untuk Lebaran tahun ini yang masih berstatus fungsional ruas Pemalang- Semarang. Kemudian dari Cipali hingga ke Gandulan Pemalang sudah berstatus operasional," ucap Bakharuddin, Selasa, 22 Mei 2018.

Ia menjelaskan, jika pengertian jalan tol operasional, yakni semua fasilitas yang ada serta kelengkapan jalan tol sudah ada. Dan jalan tol sudah dipungut pembayaran jalan tol.

Kendati demikian, berbeda dengan tol fungsional tahun lalu yang masih menggunakan berstruktur lean concrete atau cor dasar. Tol fungsional Pemalang- Semarang mudik tahun ini menggunakan struktur rigid atau beton keras.

"Jadi untuk jalan tol ini sudah rigid di tol fungsional, sehingga tidak berdebut," kata dia. 

Sedangkan ruas tol fungsional Pemalang- Semarang, kendaraan berat dilarang melintasi jalan tol tersebut. Ia menyebut, jika melintas, kendaraan berat dikhawatirkan merusak struktur jalan.

Rencananya, kendaraan berat di antaranya bus dan truk akan dikeluarkan di pintu Tol Gandulan Pemalang ataupun di pintu tol sebelumnya.

"Bus dan truk yang melanggar ketentuaan larangan melintas dilarang lewat tol fungsional. Kendaraan akan dikeluarkan di pintu tol sebelumnya menuju ke arteri Pantura Barat," ungkapnya. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

2 dari 2 halaman

Potensi Kemacetan di Arteri Kota Pekalongan

Dirlantas menjelaskan, kendaraan berat dikeluarkan di exit tol Gandulan Pemalang, potensi kemacetan juga bakal terjadi di jalan arteri pantura Kota Pekalongan.

Ia mengungkapkan, Pekalongan tidak memiliki jalan lingkar. Jalan satu- satunya, yakni melewati jalur dalam kota.

"Kita prediksikan di sana titik potensi kemacetan di jalur arteri pantura Kota Pekalongan yang merupakan jalur satu- satunya," dia memungkasi. 

Artikel Selanjutnya
Mulai H-10 Lebaran, Tol Gandulan Exit Diprediksi Macet
Artikel Selanjutnya
Mudik Lebaran, Tol Pemalang-Semarang Dibuka Gratis