Sukses

Mulai H-10 Lebaran, Tol Gandulan Exit Diprediksi Macet

Rencananya, pada 2 Juni 2018 mendatang ruas Brebes Timur-Gandulan Pemalang sudah mulai dibuka.

Liputan6.com, Pemalang - Pimpinan Proyek Pemalang Batang Tol Road (PBTR) Aminudin memastikan jika ruas Tol Pemalang-Batang sejauh 39,2 kilometer (KM) siap dilalui pemudik dengan status fungsional. Hingga saat ini pembangunan keseluruhan sudah mencapai 75 persen

"Kita pastikan siap dilalui fungsional untuk arus mudik dan balik Idul Fitri nanti," ucap Aminudin, Rabu 23 Mei 2018.

Namun, Tol Pemalang yang notabene menjadi pintu keluar itu diperkirakan menjadi titik krusial kemacetan. Tol yang akrab disebut Gandulan Exit itu menjadi satu-satunya pintu keluar pemudik dari Jakarta menuju beberapa wilayah di Pantura Barat (Pemalang, Tegal, Pekalongan).

"Khusus di exit Tol Gandulan Pemalang progresnya sudah dipercepat mencapai 85 persen," tambahnya.

Rencananya, pada 2 Juni 2018 mendatang ruas Brebes Timur-Gandulan Pemalang sudah mulai dibuka. Tetapi belum disepakati apakah akan berbayar atau gratis.

"Utamanya kita gunakan dulu, berbayar atau tidak kita tunggu arahan lebih lanjut," katanya.

Aminudin menjelaskan, terkait infrastruktur badan jalan dan jembatan ruas Tol Pemalang-Batang sudah selesai 100 persen. Hanya kekurangan pada fasilitas pendukung seperti rambu-rambu lalu lintas.

"Infrastruktur jalan dan jembatan sudah clear. Tinggal rambu-rambu, itu saja minor item dan pekan depan sudah beres terpasang semua," jelasnya. 

Pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) untuk menyiapkan rambu-rambu yang dibutuhkan. Sementara untuk penerangan, sudang terpasang 150 tiang PJU di berbagai titik. 

"Saat ini hanya menunggu proses instalasi listrik dari PLN-nya saja," terangnya. 

Saksikan video halaman berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.