Sukses

Erupsi Gunung Merapi, Operasional Bandara Adisutjipto Masih Normal

Pihak Bandara Adisutjipto masih melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui arah debu Gunung Merapi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada pukul 07.40 WIB belum berimbas terhadap penerbangan di Bandara Adisutjipto.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Liza Anindya mengatakan pihak bandara belum memutuskan untuk menutup bandara. Saat ini, ia tengah berkoordinasi dengan pihak terkait pascaerupsi Gunung Merapi.

"Masih belum (ditutup), kita masih normal. Memang sekarang baru koordinasi dengan pihak terkait. BMKG, BPBD dan BPPTKG," katanya kepada Liputan6.com, Jumat (11/5/2018).

Liza mengaku pemantauan dan koordinasi ini terus dilakukan, terutama dengan BMKG. Hal ini untuk mengetahui arah angin dari abu Gunung Merapi.

"Ya kita ke BMKG juga terkait arah angin. Mengarah ke mana ini penting bagi kami," katanya.

Sementara itu, Yogi H warga Kaliurang, Sleman, Yogyakarta mengaku di tempatnya yang berada sekitar 12,5 kilometer dari Gunung Merapi sudah diguyur hujan abu. Ia melihat warga mulai menggunakan masker.

"Warga mulai menutup hidung menggunakan masker. Hujan kerikil belum sampai ke sini mungkin di dekat Merapi ya. Kalau di sini belum," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Kaliurang Ditutup

Sementara itu, Manager Pusdalop BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan saat ini pihaknya mengevakuasi warga yang berada di radius 5 km. Hujan abu terjadi di wilayah Sleman, meliputi Kecamatan Tempel, Turi, Pakem, Cangkringan, Ngemplak, dan sebagian Kecamatan Sleman.

"Daerah wisata Kaliurang dan tempat wisata di lereng Merapi untuk sementara ditutup," katanya.

Danang mengimbau kepada warga untuk tidak panik dengan kejadian tersebut. Jika ada perkembangan informasi, pihaknya akan segera memberitahukan.

"Jika terpaksa mengungsi, silahkan mengungsi ke tempat yang sudah disediakan dan tetap tenang, sambil menunggu update informasi dari petugas," katanya.

Kepala Kelompok Operasional Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Joko Budiono mengatakan untuk prakiraan cuaca di sekitar wilayah Merapi hari ini, yakni berawan dan cerah berawan mulai pagi hingga malam hari. Suhu udara 20-32°C dan kelembaban udara 55-94 persen. Angin berembus dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 5-18 km/jam.

"Untuk Merapi itu wewenangnya BPPTKG, kita hanya mendeteksi kondisi cuaca salah satunya angin sehingga punya gambaran pergerakan debu atau asapnya saja, info sementara dari BPBD hanya radius 3-5 km saja letusannya jadi dampaknya belum terlalu meluas," Joko menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.