Sukses

Ketika Mahasiswi UGM Jadi Duta Besar Denmark Sehari

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswi Universitas Gadjah Mada atau UGM, Rudang Cecilia Pinem, terpilih untuk merasakan pengalaman menjadi Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia dalam satu hari melalui kegiatan Ambassador One Day.

Dilansir Antara, mahasiswi Jurusan Hukum UGM itu memenangi kompetisi Ambassador One Day ke-5 yang merupakan kerja sama Kedutaan Besar Denmark di Jakarta dan The Habibie Center.

Kompetisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketertarikan anak muda Indonesia untuk mempelajari dunia diplomasi dan politik internasional serta kerja sama bilateral Indonesia dan Denmark.

Cecilia menulis mengenai potensi kerja sama Indonesia dan Denmark dalam mengatasi tantangan global tentang antikorupsi. Tulisan mahasiswi UGM tersebut mengungguli lebih dari 500 esai mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Diundang ke Denmark

Dalam kegiatan Ambassador One Day, Cecilia akan menjalankan tugas sebagai Dubes Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen selama sehari.

Dia mengikuti kegiatan seharian Dubes Rasmus di Jakarta, Selasa (8/5/2018), di Jakarta. Mahasiswi UGM ini menyampaikan sejumlah pandangan dari sudut pandang pemuda Indonesia dalam seminar maupun pertemuan yang dihadiri Dubes Rasmus.

Sebagai pemenang kompetisi itu, dia akan mengikuti perjalanan studi selama satu pekan ke ibu kota Denmark, Copenhagen. Kunjungan ini pada musim gugur mendatang.

Di Copenhagen, Cecilia akan bertemu dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Denmark, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Copenhagen dan institusi terkait lainnya termasuk organisasi internasional, dan pemuda serta universitas. Sejumlah agenda itu untuk memperluas wawasan mahasiswi UGM tersebut terkait hubungan bilateral Denmark dan Indonesia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui Zona Merah dan Kuning, Daerah Sebaran Antraks di Gunung Kidul
Artikel Selanjutnya
Menyaksikan Bias Gender di Yogyakarta? Laporkan ke Gender Corner