Sukses

Hore, Suroboyo Bus Bakal Buka Rute Baru

Jumlah penumpang Suroboyo Bus rata-rata per hari meningkat 15 persen sejak hari pertama diluncurkan pada 9 April 2018.

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Jawa Timur, akan menambah rute untuk transportasi massal Suroboyo Bus mulai dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Pakuwon hingga ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, penambahan rute Suroboyo Bus tersebut setelah pihaknya akan mendapatkan bantuan dua unit bus dari bank swasta di Surabaya.

"Rute dari Unesa ke ITS nantinya akan lewat jalur tengah, mulai dari Jalan H.R. Muhammad, Mayjen Sungkono, Dr. Soetomo, Raya Darmo, Moestopo hingga ke ITS," katanya di Surabaya, Rabu (2/5/2018), dilansir Antara.

Selain tambahan dua unit bus, Dishub secara bertahap juga akan menambah serta memperbaiki fasilitas halte yang sudah ada. Perbaikan serta pembangunan halte dimulai dengan pembuatan halte keberangkatan di Terminal Purabaya.

"Saat ini sedang kami kerjakan. Nantinya halte di Terminal Purabaya, Suroboyo Bus akan berangkat dari terminal kedatangan bus kota yang sebelumnya berangkat dari pintu keluar," ujarnya.

Sementara itu, jumlah penumpang Suroboyo Bus rata-rata per hari meningkat 15 persen sejak hari pertama diluncurkan 9 April 2018. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan gencarnya sosialisasi kepada warga.

Menurut dia, membentuk masyarakat mau berpindah ke transportasi massal bukan perkara mudah, melainkan butuh waktu.

Keberadaan Suroboyo Bus, kata dia, tentunya tidak hanya mengurangi kemacetan, tetapi juga punya nilai ekonomi kota, yakni berupa keuntungan mengurangi beban jalan berupa kepadatan.

"Kalau jumlah penumpangnya terus bertambah, beban jalan berkurang karena banyak warga yang menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.