Sukses

Gara-Gara Ular, Satu Kota Gelap Gulita

Kota Purworejo mendadak gelap gulita selama 1 jam. Bukan ikut kampanye earth hour, tetapi karena ulah seekor ular.

Purworejo - Sebagian besar wilayah Kota Purworejo, Jawa Tengah, dan Kecamatan Banyuurip gelap gulita selama satu jam, Selasa, 27 Maret 2018, sekitar pukul 23.30 WIB. Bukannya menyusul kampanye Earth Hour seperti dilakukan masyarakat di berbagai belahan dunia 24 Maret 2018 lalu, melainkan padamnya listrik ini gara-gara ular.

Koordinator Yantek PLN Cabang Purworejo Agus Handayani mengatakan, ular ditemukan melilit kabel jaringan PLN di tepi Jalan Raya Purworejo-Yogyakarta Desa Borowetan, Kecamatan Banyuurip.

"Binatang melata itu kemungkinan akan merayap ke kabel lain, namun terjadi hubungan arus pendek dan listrik padam," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Rabu, 28 Maret 2018, pagi.

Petugas pelayanan gangguan PLN Cabang Purworejo bergerak mencari sumber kerusakan itu. Pasalnya, semalam memang tidak ada jadwal pemadaman listrik.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian Sumber Gangguan

Seandainya ada, jadwal pemadaman hanya dilakukan siang hari ketika petugas melakukan perawatan atau perbaikan jaringan. "Ini pasti ada gangguan di lapangan. Kejadian semacam itu beberapa kali terjadi, misalnya jaringan putus tertimpa pohon tumbang," ucapnya.

Gangguan akhirnya dilaporkan warga tidak lama setelah listrik padam. Mereka melaporkan munculnya bunga api listrik di wilayah Borowetan. Kerusakan juga terlihat dari sistem pelayanan gangguan milik PLN Cabang Purworejo.

"Disimulasikan, kerusakan ada di wilayah Borowetan. Pada saat yang sama juga ada laporan warga, petugas meluncur ke lokasi," ungkapnya.

Setelah ditelusuri, petugas menemukan ular mati di atas jaringan. Setelah ular dievakuasi, petugas memulihkan arus dan listrik kembali menyala. "Petugas langsung mengevakuasi dan melakukan perbaikan seperlunya. Listrik padam karena ular jarang sekali terjadi," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.