Sukses

Juru Parkir Nekat Mencuri di Warung Martabak Markobar

Liputan6.com, Makassar Tak perlu waktu lama, aparat kepolisian berhasil menangkap juru parkir yang nekat mencuri uang puluhan juta rupiah di Markobar Makassar, outlet martabak milik anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming. Lokasinya di Jalan Lombok, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, pada Jumat, 9 Maret 2018 sekitar pukul 23.00 Wita.

Juru parkir itu bernama Ferdi Wijaya alias Vego, pemuda berusia 20 tahun. Dia ditangkap di salah satu hotel kelas melati yang terletak sekitar Bandar Udara Sultan Hasanuddin, pada Sabtu dini hari, 10 Maret 2018, sekitar pukul 04.00 Wita.

"Iya kita amankan tadi subuh, di hotel dekat bandara. Dia sebelumnya dilaporkan mencuri di Markobar," Kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, AKBP Benny Pornika, kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi.

Dalam aksinya Ferdi berhasil mencuri uang sebanyak Rp 30 juta dan sejumlah benda berharga lainnya seperti kamera dan telepon genggam milik karyawan Markobar Makassar yang berjaga malam itu.

"Uang Rp 30 juta, ada kamera dan beberapa handphone," ucap Benny.

Benny menceritakan bahwa awal mula kejadian ini ketika seluruh karyawan gerai martabak Markobar sedang bersiap-siap untuk menutup gerainya.

"Beberapa karyawan lain sudah pulang hingga akhirnya tinggal satu karyawan yang tinggal," jelas Benny.

Karena kelelahan karyawan itu kemudian memanggil Ferdi, si juru parkir yang setiap hari mangkal di depan gerai Markobar Makassar untuk memijat pundaknya.

"Mungkin keenakan, karyawan itu ketiduran waktu dipijit," sambung Benny.

Saat itulah Ferdi si juru parkir melancarkan aksinya, dimulai dari mencuri telepon genggam milik karyawan yang dipijitnya hingga tertidur lalu mencuri uang dan kamera di dalam brankas.

"Dia ambil HP karyawan itu, lalu dia buka brankas yang tidak terkunci dia ambil uang, kamera dan juga HP di situ," jelasnya.

 

 

2 dari 2 halaman

Nyaris Kabur ke Jakarta

Setelah terbangun dari tidurnya, karyawan itu kaget melihat brankas dalam keadaan terbuka dan uang di dalamnya telah raib. Ia lalu bergegas ke kantor polisi untuk melaporkan kejadian tersebut.

"Sesaat setelah kita menerima laporan kita lalu bergerak untuk mencari keberadaan pelaku," ucap Benny.

Beruntung aparat kepolisian bergerak cepat, karena ternyata Ferdi si juru parkir telah membeli tiket dengan tujuan penerbangan Jakarta.

"Waktu kita tangkap ada tiket juga yang kita amankan, penerbangan menuju Jakarta. Pelaku mengaku hendak melarikan diri ke Jakarta," ungkap Benny.

Selain mengamankan tiket pesawat sebagai barang bukti, aparat kepolisian juga berhasil mengamankan benda-benda yang dicuri Ferdi dari outlet Markobar Makassar.

"Barang bukti ada kamera ada dua buah HP, serta beberapa pakaian," beber Benny.

Sementara uang yang dicuri Ferdi hanya tersisa Rp 20 juta. Menurut Benny, Ferdi mengaku telah membelanjakan sebagian uang tersebut.

"Pengakuannya sih dia pakai beli baju, sepatu, dan celana. Termasuk tiket pesawat itu," kata Benny. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jurus Singapura Gaet Wisatawan Kota Daeng di Tengah Isu Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Polisi Selidiki Sejumlah Proyek di Dispora Makassar