Sukses

Baru Buka, Ruko Perlengkapan Olahraga di Kota Malang Dilalap Api

Liputan6.com, Malang - Empat rumah toko (ruko) perlengkapan olahraga di Jalan MT Haryono, Kota Malang, Jawa Timur, mengalami kebakaran saat baru buka pagi tadi. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir kurang lebih mencapai Rp 2 miliar.

Kepala Polsek Lowokwaru, Malang Kota, Komisaris Polisi Pujiono mengatakan, kebakaran di ruko milik Sport Mania dan Sport Station itu diduga dipicu hubungan arus pendek listrik.

"Dugaan sementara akibat hubungan arus pendek di salah satu ruko. Tim identifikasi sekarang masih olah tempat kejadian perkara," kata Pujiono di Malang, Sabtu (20/1/2018).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 pagi tadi dengan titik api diketahui muncul di lantai 2 ruko Sport Mania. Peristiwa itu terjadi saat para pegawai toko baru mulai beraktifitas, menata barang. Seorang pegawai terkejut saat mendengar suara ledakan disertai percikan api.

Mereka kemudian berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, api cepat berkobar lantaran dalam ruangan banyak diisi barang berbahan kain dan mudah terbakar. Para pegawai yang panik kemudian berteriak minta tolong.

Api terus berkobar menjalar hampir ke seluruh ruangan. Ruko Sport Station yang persis berada di sebelahnya turut dilalap api. Para pegawai dari kedua ruko pun berupaya menyelamatkan barang dagangan dengan membawanya keluar toko.

Kobaran api disertai asap hitam yang membumbung tinggi sempat membuat panik para pengguna jalan raya yang melintasi kawasan itu. Apalagi deretan ruko juga berada di kiri dan kanan lokasi kebakaran tersebut. "Kami harus mengalihkan jalur agar memudahkan petugas pemadam kebakaran bekerja," ujar Pujiono.

1 dari 2 halaman

Tujuh Mobil Damkar Dikerahkan

Sedikitnya tujuh mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di ruko tersebut. Petugas pemadaman sempat kesulitan lantaran toko diisi barang berbahan mudah terbakar. Kobaran api baru benar – benar bisa dipadamkan sekitar pukul 11.30.

“Petugas pemadam harus memastikan pembasahan di sudut – sudut toko, agar api tak lagi menyala,” ucap Pujiono.

Pemilik toko Sport Mania, Tarastanti mengatakan, belum bisa memperkirakan total seluruh kerugian yang terjadi di ruko Sport Mania miliknya, tapi ia bersyukur tak ada korban jiwa.

"Bisa sampai ratusan juta rupiah, belum tahu persisnya. Beruntung semua pegawai selamat, tidak ada yang jadi korban," ujar Tarastandi.

Menurutnya, lantai 2 yang menjadi lokasi pertama kebakaran selama ini lebih sering difungsikan sebagai gudang. Barang dagangan banyak tertumpuk di tempat itu, mulai boneka sampai pakaian olahraga. Pegawai bisa menyelamatkan sebagian barang dagangan, membawa keluar toko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Polisi: Bocah Tewas Terbakar di Duren Tiga karena Ingin Ambil Sepedanya
Artikel Selanjutnya
Rumah Terbakar di Cideng, 6 Damkar Dikerahkan