Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Hachiko Ala Bali, Setia Menanti Majikan

Liputan6.com, Denpasar - Top 3 berita hari ini, erupsi Gunung Agung membuat ribuan warga yang tempat tinggalnya masuk zona berbahaya terpaksa mengungsi dari rumahnya dan meninggalkan sebagian harta bendanya. Tak terkeculi ternak dan hewan peliharaan seperti anjing.

Dua bulan sudah para tuan dari hewan-hewan ini hidup di pengungsian. Namun, kerinduan akan rumah dan ternak, kerap membawa mereka kembali meski hanya sekadar untuk memberi makan.

Atas segala bentuk perhatian dari si tuan rumah, anjing-anjing di lereng Gunung Agung pun membalasnya. Hinggga kini mereka masih banyak yang setia menjaga kediaman tuannya dari orang-orang yang memanfaatkan kondisi ini. 

Untuk mengisi perut yang kelaparan, tak jarang hewan berkaki empat ini meminta makan pada para pengungsi yang lewat.

Sementara di Jambi, tim Satgas KPK menggeledah ruang kerja Gubernur Jambi, Zumi Zola dan sejumlah kantor. Penggeledahan tersebut dilakukan terkait penangkapan sejumlah pejabat setempat yang telah terjaring OTT KPK, pada Selasa, 28 November 2017.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. Kesetiaan Anjing Bali di Lereng Gunung Agung Menanti Tuannya

Anjing Bali

Saat melintas di kawasan Desa Lebih, Kabupaten Karangasem, Bali, rumah-rumah warga tak berpenghuni masih berdiri kokoh. Raungan kendaraan bermotor yang berhenti di tengah jalan memancing anjing-anjing milik warga itu menghampiri.

Cara menggonggong penuh isyarat tanda kelaparan. Raut wajahnya seakan meminta seonggok daging untuk mengisi perut mereka. 

Adalah Gus Fery, warga dari Desa Selat yang melintas di area desa ini. Gus Ferry baru saja pulang ke rumahnya dari pengungsian untuk sekadar menengok desanya.

Sesampainya di lokasi, ia langsung dikerubuti pulihan anjing Bali itu. Dua potong ayam goreng miliknya jatah makan siang terpaksa berpindah tangan.

Gus Ferry pecinta anjing. Ia paham betul perilaku makhluk berkaki empat itu. Dari gonggongannya, dia perut anjing itu masih keroncongan.

"Mereka (anjing Bali) banyak duduk-duduk di rumah warga. Ada yang berdiri dan berjalan. Sepertinya mereka menjaga rumah tuannya. Melihat muka mereka kasihan sekali. Mereka sepertinya rindu tuannya datang. Pokoknya terlihat sendu wajah mereka," katanya.

Selengkapnya...

2. Tak Kenal Libur, KPK Geledah Ruang Kerja Zumi Zola

Meski hari libur, sejumlah petugas KPK menggeledah dua ruangan di kantor Gubernur Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Sejumlah tim Satgas KPK bekerja menggeledah sejumlah kantor. Salah satunya adalah ruang kerja Gubernur Jambi, Zumi Zola. Penggeledahan tersebut merupakan proses lanjutan setelah Operasi Tangkap Tangan (OTT) sejumlah pejabat Jambi pada Selasa, 28 November 2017.

Ada tiga kantor yang menjadi fokus penggeledahan, yakni kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi. Lalu penggeledahan kantor Gubernur Jambi.

Kemudian penggeledahan di gedung DPRD Provinsi Jambi. Salah satu ruangan yang digeledah adalah ruang kerja salah satu anggota DPRD Provinsi Jambi, Supriyono. Anggota dewan yang ikut terjaring OTT KPK, Selasa lalu.

Selain berkas, petugas KPK terlihat membawa satu perangkat kamera pengintai atau CCTV.

Selengkapnya...

3. Rahasia Kuno Nelayan Pantai Selatan Menari Bersama Badai Dahlia

Perahu kecil nelayan pantai selatan Jawa menantang ganasnya Samudera Hindia. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Sebagian besar dari belasan ribu nelayan di pesisir Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memilih menyandarkan perahu menyusul gelombang tinggi yang terjadi di perairan selatan Jawa dan Samudera Hindia, sepekan terakhir, dipicu badai cempaka, dan kini badai Dahlia.

Namun, tidak bagi Marno (53). Nelayan pantai selatan ini ogah takluk. Pengalamannya bertahun-tahun sebagai nelayan, mengajarinya menari bersama gelombang-gelombang tinggi. Tak terkecuali dengan badai Dahlia.

Marno mengaku memiliki strategi dan perhitungan matang sebelum melaut. Ia menggunakan ilmu kuno, yakni jolokan. Apa yang dimaksud dengan jolokan?

Selengkapnya... 

Saksikan video pilihan di bawah ini: