Sukses

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Rancaekek

Aktivitas warga terganggu akibat banjir yang masih menggenangi jalan hingga pagi ini.

Liputan6.com, Bandung - Ratusan rumah di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir. Genangan air bahkan menutup badan jalan, akibatnya warga sulit beraktivitas.

Banjir di kawasan Bandung Timur itu sudah terjadi sejak Selasa, 21 November 2017, malam akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Hingga Rabu pagi, banjir masih menggenangi badan jalan di beberapa titik di Kecamatan Rancaekek.

Seorang warga Desa Kencana yang rumahnya terdampak banjir, Yopi Listiawan, mengatakan banjir sudah terjadi sejak Selasa malam dengan ketinggian air sampai merendam sepeda motor.

"Di daerah Buah Batu tadi malam tidak bisa dilewati kendaraan mmotor karena airnya tinggi dan deras," kata Yopi, seperti dilansir Antara, Rabu (22/11/2017).

Ia menyampaikan, banjir juga melanda sebagian besar kawasan Perumahan Bumi Rancaekek Kencana, bahkan sempat masuk ke dalam rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Terparah Sejak 20 Tahun

Namun menjelang dini hari, kata Yopi, air di dalam rumah mulai surut, sedangkan di jalan lingkungan perumahan masih digenangi air.

"Kalau banjir di rumah sudah surut, tapi yang di jalan sampai sekarang belum surut, saya sendiri tidak bisa berangkat kerja karena terjebak banjir," katanya.

Menurut dia, banjir di perumahan Bumi Rancaekek Kencana sudah sering terjadi setiap musim hujan, dan pemerintah sepertinya tidak ada upaya menyelesaikan banjir.

Sebelumnya, kata dia, perumahan yang sudah dihuni lebih dari 20 tahun itu tidak pernah dilanda banjir separah saat ini yang berlangsung lama bahkan sampai masuk rumah.

"Kalau dulu banjir hanya di jalan saja, dan tidak lama, kalau sekarang sampai masuk rumah, banjir ini terjadi sejak jalan dibeton dan ditinggikan," katanya.

Warga lainnya di Perumahan Bumi Rancaekek Kencana, Yoga, mengatakan banjir biasanya hanya terjadi di jalan depan rumah.

"Biasanya tidak sampai masuk rumah, sekarang air dari jalan meluap masuk rumah," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.