Sukses

Nasib Nahas Pengendara Sepeda Motor yang Main Salip di Pantura

Pengendara sepeda motor bebek berusaha menyalip kendaraan di depannya saat truk datang dari arah berlawanan.

Liputan6.com, Probolinggo - Kecelakaan maut yang melibatkan sepeda motor dengan truk terjadi di jalur pantura Probolinggo, Sabtu (4/11/2017) siang. Setelah tabrakan terjadi, sepeda motor korban terbakar dan pengemudi meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kecelakaan maut itu bermula saat sepeda motor bernopol N 4654 VH yang dikemudikan oleh Tinawar (38), warga Plososari Grati, Pasuruan, melaju dari arah barat ke timur. Sesampai di lokasi, yakni Desa Randu Merak, Kecamatan Paiton, pengemudi mencoba menyalip sebuah kendaraan di depannya.

Dengan kecepatan tinggi, korban memacu sepeda motor bebek masuk di jalur kanan. Saat bersamaan, dari arah berlawanan muncul kendaraan truk tangki bernopol L 8020 MH yang dikemudikan Ahmad Choirul Anam, warga Kabupaten Krobogan, Jawa Tengah.

Karena jarak terlalu dekat, tabrakan antara kedua kendaraan itu tidak bisa dihindari. "Sepeda yang dari barat itu mau nyalip akhirnya kepergok nggak bisa mundur lagi nabrak truk," ujar Yanto, salah satu saksi mata.

Tinawar yang terpental dari sepeda motor, langsung tewas seketika di lokasi kejadian. Sementara, motor bebek korban terseret sejauh 50 meter. Sepeda motor itu kemudian terbakar akibat percikan api yang ditimbulkan.

"Mungkin ada bensin yang tercecer dan disambar percikan api," kata Yanto.

Berdasarkan hasil olah TKP yang dialkukan unit Lakalantas Satlantas Polres Probolinggo, kecelakaan itu dipicu oleh pengemudi sepeda motor. Korban yang membawa seekor ayam jago diduga kehilangan konsentrasi saat menyalip kendaraan lain.

"Posisi yang tidak menguntungkan sepeda motor karena menyalip kendaraan tidak dikenal dan terlalu ke kanan sehingga terjadi tabrakan dengan truk tangki yang dari timur. Yang terbakar sepeda motornya terseret sekitar 50 meter. Kemungkinan terjadi percikan api," tutur Briptu Imam Zainuddin, anggota Unit Lakalantas Polres Probolinggo.

Selain olah TKP, polisi memintai keterangan beberapa saksi guna proses penyelidikan lebih lanjut. Akibat kecelakaan lalu lintas itu, arus lalu lintas di jalur Pantura mengalami macet lebih dari satu jam.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.