Sukses

Menteri Susi Mesem-Mesem Lihat Lukisan Wajahnya bak Wonder Woman

Pulang mengikuti Kirab 1 Sura, Menteri Susi Pudjiastuti langsung mendatangi tempat dirinya dilukis bak Wonder Woman.

Liputan6.com, Solo - Lukisan mural Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti layaknya Wonder Woman yang bertarung dengan bajak laut yang diumpamakan Jack Sparrow di Solo, sempat viral di media sosial. Lantas bagaimana reaksi Susi Pudjiastuti saat melihat langsung lukisan wajah dirinya?

Susi berkesempatan menyambangi mural yang ada di tembok Restoran Kusumasari yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No 111 Solo. Ia melihat mural itu selepas mengikuti kirab malam 1 Sura di Puro Mangkunegaran, pada Rabu malam, 20 September 2017.

Pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini sampai di lokasi sekitar pukul 22.00 WIB. Susi terlihat masih mengenakan kebaya hitam, bawahan jarik serta masih sanggulan.

Menteri Susi Pudjiastuti bersama dengan para pelukis yang menggambar Susi Pudjiastuti bak Wonder Woman berpose di depan lukisan

Susi datang disambut oleh inisiator mural, seniman Sardono W Kusumo. Mantan Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu langsung menjelaskan maksud dan penggambaran dari mural yang sejatinya dibuat dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 pada Agustus lalu.

 

Susi tampak antusias mendengarkan penjelasan dari Sardono W Kusumo. Terlebih saat melihat gambar Soekarno berpidato dan lukisan foto Affandi dengan tulisan "Indonesia Never Again The Life Blood of Any Nation" yang berarti 'Indonesia tidak akan pernah menjadi darah yang menghidupi bangsa lain'.

Sardono mengaku sengaja menggambar Susi Pudjiastuti lewat wajah Wonder Woman. "Kami lalu mengambil sosok Wonder Woman sebagi sebuah imajinasi dari sosok Bu Susi, " kata dia.

Menteri Susi Pudjiastuti mendatangi lokasi lukisan mural yang memajang gambar dirinya bak Wonder Woman di tembok Restoran Kusumasari Solo

Usai sisi kanan yang menggambarkan sejarah kemerdekaan, penjelasan bergeser ke tembok kiri yang memuat lukisan dirinya bak superhero. Susi tampak tersenyum mesem melihat rupa dirinya yang digambar di tembok jalanan kampung Jokowi itu.

Susi Pudjiastuti mengapresiasi atas lukisan rupa dirinya itu. Ia berkomentar singkat saat disandingkan dengan superhero Wonder Woman. "Saya ini sebagai manusia biasa," kata dia dengan tertawa.

Selain lukisan mural Menteri Susi Pudjiastuti, para pelukis di Solo menyandingkan lukisan pengusaha maskapai Susi Air dengan tokoh Proklamator Bung Hatta.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Menurut Susi, lukisan wajahnya itu bisa menjadi cambuk bagi dia untuk bekerja lebih keras. "Ini membuat saya untuk bekerja lebih baik lagi, " kata dia.

Selain melihat lukisan mural dirinya, dalam kesempatan itu Susi juga melihat lukisan mural Presiden Joko Widodo yang mengenakan kaos oblong berwarna putih. Di bawah lukisan Presiden yang akrab disapa Jokowi, terparkir sebuah becak. Jika dilihat dari jauh, lukisan itu seolah-olah menggambarkan Presiden Jokowi sedang menarik becak.

Menteri Susi Pudjiastuti dan Sardono W Kusumo sedang berpose di depan lukisan mural Presiden Joko Widodo yang seolah sedang menarik becak

Susi pun diminta oleh Sardono W Kusumo untuk naik di atas becak yang terparkir di bawah lukisan mural Sang Presiden. Susi pun ketika duduk di atas becak seolah sedang ditarik oleh presiden. Aksi itu menyebabkan para pengguna jalan yang melintasi jalan di sekitar Restoran Kusumasari langsung berhenti melihat aksi Susi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.