Sukses

Pitbull Penggigit Sasa Hingga Tewas Ternyata Anjing Juara

Anjing ras besar ini memiliki sifat agresif dan sangat kuat.

Liputan6.com, Malang - Anjing pitbull yang menggigit bocah Sasa sampai tewas dititipkan di rumah penitipan anjing di Jalan Irian Jaya, Kota Malang, Jawa Timur. Terkait kasus ini, pecinta anjing ras besar terutama jenis anjing pitbull diimbau tak meninggalkan anak kecil sendirian di dekat anjing.

Dian Wicaksono, pemilik penitipan anjing tersebut, menyarankan orang yang memelihara anjing pitbull di rumah agar tidak meninggalkan anak kecil sendirian tanpa pengawasan.

"Sebab anjing mudah marah jika saat bermain tiba-tiba mainan itu diambil paksa. Untuk kasus anak Wisnu menurut saya murni musibah," kata Dian di Malang, Senin (7/8/2017).

Dian kenal dengan Wisnu, ayah korban bocah Sasa, karena sama-sama bergabung di komunitas pencinta anjing. Wisnu sering menitipkan anjing yang diberi nama Julio Cesar alias Sapi itu sejak 2015. Bocah Sasa diketahui biasa bermain dengan anjing itu di rumah.

"Saya pernah tahu anak itu bermain dengan anjing dalam posisi tetap dirantai. Anjing itu sebenarnya terlatih," tutur Dian.

Pitbull bernama Julio Cesar itu pernah juara sporting dog tingkat nasional di Bandung, Jawa Barat, empat tahun silam. Menurut Dian, salah satu yang dilombakan dalam sporting dog adalah kekuatan fisik anjing. Kekuatan seekor pitbull bahkan mampu menarik sebuah mobil.

Sepengetahuan Dian, Wisnu dulu memiliki dua ekor anjing pitbull jantan. Seekor bernama Julio Cesar dan seekor lagi diberi nama Batman. Julio Cesar juga pernah memiliki seekor anak hasil kawin silang dengan anjing betina milik penyuka anjing lainnya.

“Merawat anjing ras besar itu gampang-gampang susah, apalagi jika jantan semua. Harus sering disosialisasi atau didekatkan di antara anjing jantan itu,” ucap Dian.

Bila lebih sering ditempatkan di kandang terpisah, maka potensi bertarung antara satu dengan lainnya. Sebab, selain memiliki karakter agresif, di antara anjing ras besar juga ada sifat dominan atau menjadi pemimpin. Serta sering mengajak anjing berjalan-jalan agar tidak mudah stres.

"Dua ekor anjing jantan milik Wisnu itu dulu ya sering bertarung. Tapi yang bernama Batman akhirnya dijual," ucap Dian.

Sebelumnya, Sasa bocah yang baru genap berusia 8 tahun pada 24 September mendatang tewas setelah digigit anjing Pitbull peliharaan orang tuanya. Ia mengalami luka parah di leher serta wajah dan meninggal seketika itu juga. Jenazahnya dimakamkan siang tadi di pemakaman umum setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.