Sukses

Wow, Sampah di Kota Padang Capai 500 Ton per Hari Selama Lebaran

Liputan6.com, Padang - Kuantitas sampah di Kota Padang, Sumatera Barat, meningkat drastis selama libur Lebaran. Biasanya sampah yang dihasilkan 450 ton per hari, meningkat menjadi 500 ton per hari atau naik 10 persen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin mengatakan, penyumbang sampah terbesar adalah objek wisata, menyusul pelaku usaha kuliner, sampah rumah tangga, dan sampah dari pedagang buah.

"Dominan sampah yang ditemukan berjenis plastik. Ini sampah yang sulit diurai," ujarnya di Padang, Selasa (4/7/2017).

Sejumlah objek wisata di Kota Padang memang dipenuhi pengunjung selama libur Lebaran, terutama objek wisata Pantai Padang yang telah selesai dibenahi. Namun, tingginya angka wisatawan tidak dibarengi kesadaran membuang sampah pada tempatnya.

Al Amin mengatakan telah mengerahkan 1.116 petugas kebersihan untuk menyisir semua objek wisata di Kota Padang selama libur Lebaran dan menyiagakan 67 unit armada untuk mengangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Intensitas penyisiran sampah juga ditingkatkan. Biasanya penyisiran dilakukan tiga kali sehari. Selama libur Lebaran, petugas menyisir lokasi lima kali sehari.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: