Sukses

Mudik ke Bengkulu Wajib Kunjungi Lokasi ini

Bengkulu memiliki beragam destinasi menarik untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Bengkulu - Agenda mudik harus dioptimalkan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di kota tujuan. Perjalanan mudik jadi sekalian piknik. Pada musim mudik ini daerah-daerah pun kebanjiran para pemudik. Salah satunya Bengkulu.  

Sebagai kota yang memiliki segudang cerita sejarah, Bengkulu memiliki beragam destinasi khas yang tak ada di daerah lain. Berikut rekomendasinya.

Pertama, Masjid Jamik yang berada di jantung Kota Bengkulu atau tepatnya di persimpangan Jalan Jenderal Ahmad Yani, MT Haryono, dan Jalan Suprapto. Masjid yang diarsiteki sang proklamator Bung Karno ini tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Masjid lain yang juga menarik adalah Masjid Raya Baitul Izzah. Ciri khusus masjid ini tidak memiliki dinding. Kubah besar juga merupakan ciri masjid yang berada di kawasan pusat perkantoran depan Gedung DPRD, Markas Korem 041 Garuda Emas, dan kantor gubernur Bengkulu.

Untuk urusan kuliner, salah satu yang wajib dikunjungi adalah Bombaru Bar and Resto. Lokasi nongkrong yang berada di depan pintu gerbang Benteng Marlborouh ini menawarkan kopi khusus berbahan utama kopi jenis robusta, arabika, dan luwak yang didatangkan dari wilayah Kabupaten Kepahiang.

Kuliner lain berada di sepanjang jalan wisata Pantai Panjang, sajian menu utama berbahan hasil tangkapan nelayan bisa memanjakan lidah pengunjung. .

Jika ingin mencari oleh-oleh, Pemerintah Kota Bengkulu sudah menyediakan satu kawasan pusat suvenir di Jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas. Puluhan kios suvenir menyediakan pernik berbahan kulit kayu atau biasa disebut kulit lantung berbentuk kalung gelang, berbagai ornamen, hingga bangunan tabot mini.

Kawasan wisata Pantai Panjang dengan pasir putih dan jajaran cemara laut dipastikan akan membawa libur lebaran anda sangat menyenangkan (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh makanan khas dari durian yang sudah berbentuk dodol atau biasa disebut lempuk. Beberapa kios di kawasan ini juga menjual batik kain Besurek khas Bengkulu.

Untuk destinasi wisata, wajib ke kawasan wisata Pantai Panjang dengan pasir putih dan cemara laut yang membentang sepanjang 16 kilometer. Bagi penyuka wisata sejarah bisa mengunjungi Benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu.

Untuk menginap di Bengkulu, ada beberapa hotel sesuai dengan kebutuhan dan kantong. Ada hotel tersedia jika ingin suasana langsung menghadap Samudera Hindia dari atas tebing. Jika ingin berhemat bisa menginap di hotel dan penginapan di sepanjang jalan wisata Pantai Panjang dengan harga bervariasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini