Sukses

Serunya Menikmati Liburan Akhir Tahun di Rumah Dinas Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memperbolehkan warga berkunjung, bahkan berekreasi di rumah dinasnya.

Liputan6.com, Bandung - Bila Anda dan keluarga mencari tempat wisata baru di Kota Bandung, Jawa Barat, sebaiknya mencoba mengunjungi Pendopo Kota Bandung yang merupakan rumah dinas dari Wali Kota Ridwan Kamil. Sebab, pria yang akrab disapa Emil itu baru saja membuat kebijakan yaitu memperbolehkan warga untuk melakukan kunjungan bahkan berekreasi di tempat itu.

Syaratnya hanya melakukan registrasi kepada pihak keamanan, berpakaian rapi dan sopan, tidak membawa makanan dan minuman serta dilarang parkir di area Pendopo Kota Bandung.

Nantinya masyarakat diperbolehkan untuk berfoto, berkeliling lokasi kecuali bangunan pribadi orang nomor satu di Bandung itu. Bahkan, masyarakat diperbolehkan bermain di taman Pendopo yang biasanya menjadi hal tabu.

Ridwan Kamil mengatakan kebijakan ini berdasarkan permintaan masyarakat yang ingin merasakan sensasi masuk ke rumah dinas Wali Kota Bandung. Biasanya, masyarakat hanya bisa datang saat open house ketika Lebaran.

"Ini aspirasi banyak orang ingin berwisata ke pendopo. Ini kan bangunan bersejarah lebih dari satu abad, dan dulunya kegiatan bupati pada zamannya. Sekarang jadi rumah wali kota yang penuh dengan keindahan dari taman, arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tidak berdinding," ucap Emil.

Banyak warga mengunjungi Pendopo Kota Bandung atau rumah dinas Wali Kota Ridwan Kamil, Minggu (25/12/2016). (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

"Silakan wisatawan, warga Bandung yang mau foto-foto melihat dan yang belum datang ke sini. Syaratnya hanya satu berpakaian sopan, tidak bawa makanan dan minuman serta menyesuaikan dengan peraturan di sini. Silakan datang ramai-ramai, silakan registrasi di pos keamanan untuk menandakan yang datang orang-orang yang bertanggung jawab. Kendaraan tidak boleh, di alun-alun," ujar Emil, Sabtu malam, 24 Desember 2016.

Emil berharap wisata ini bisa menambah pengetahuan seputar Kota Bandung, terutama pemimpinnya sejak dulu, serta menjadi wisata baru dan populer layaknya Keraton Yogyakarta.

"Mudah-mudahan ini menambahi pengetahuan sejarah bagi orang Bandung dan wisatawan seperti hal kita ke Yogya ingin ke keraton."

"Nanti kita evaluasi oleh keamanan di dalam, antusiasmenya berlebihan apa tidak. Tidak boleh masuk ke bangunan utama karena ini ruang pribadi, jadi hanya di daerah (depan) pendopo saya kira enggak masalah. Karena saya juga hanya numpang lewat, bukan rumah pribadi jadi ingin merasakan rakyat merasa memiliki," tutur dia.

Wisata sejarah Pendopo Kota Bandung terbuka untuk umum sejak 25 Desember 2016 hingga 1 Januari 2016 dengan waktu operasional 09.00-11.30. WIB dan 13.30-16.00 WIB. Setelahnya, pendopo hanya dibuka setiap Sabtu dan Minggu dengan waktu operasional yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Warga Banjiri Pendopo

Setelah keluar izin, ribuan warga pun membanjiri Pendopo Kota Bandung atau rumah dinas Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Minggu (25/12/2016). Rumah orang nomor satu di Kota Bandung itu terbuka untuk umum terhitung sejak 25 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 dan dipermanenkan setiap Sabtu dan Minggu.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, rata-rata pengunjung datang bersama keluarga besar. Area Taman Pendopo Kota Bandung pun menjadi tempat favorit untuk bermain.

Salah satunya keluarga Wahid Hasyim (40) dan Elis (39) yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Wahid sengaja datang bersama tiga anaknya karena penasaran dengan tempat yang sering ditinggali Ridwan Kamil.

"Saya dari pagi jam lima subuh datang dari Tasikmalaya ke Bandung pengin liburan dan ternyata pendopo terbuka untuk umum, sehingga membatalkan beberapa rencana dan diam lebih lama," ujar Elis saat ditemui di lokasi.

"Saya penasaran dengan rumah Wali Kota Ridwan Kamil yang terkenal itu. Penginnya ketemu langsung, tapi kayaknya enggak ada," ujar dia.

Banyak warga mengunjungi Pendopo Kota Bandung atau rumah dinas Wali Kota Ridwan Kamil, Minggu (25/12/2016). (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Lain halnya keluarga Rudi (46) dan Fenny (36) yang merupakan warga Margahayu, Kota Bandung. Rudi menuturkan ingin memberikan edukasi kepada anaknya tentang sejarah Kota Bandung.

"Saya tahu dari Facebook, jadi memilih ke sini karena bukan cuma liburan tapi bisa dapat ilmu pengetahuan juga. Sebetulnya, bukan pertama karena dulu sempat dateng pas open house Lebaran, tapi ketagihan datang ke sini lagi," Rudi menjelaskan.

Ridwan Kamil memang baru saja membuat kebijakan, yaitu memperbolehkan warga untuk melakukan kunjungan bahkan berekreasi di Pendopo Kota Bandung. Syaratnya hanya melakukan registrasi kepada pihak keamanan, berpakaian rapi dan sopan, tidak membawa makanan dan minuman, serta dilarang parkir di area Pendopo Kota Bandung.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.