Sukses

Tenang, Rp 3 Triliun Tersedia di Yogya Selama Libur Akhir Tahun

Bank Indonesia Yogyakarta siapkan uang tunai Rp 3 triliun untuk memenuhi kebutuhan warga Yogyakarta sepanjang libur panjang akhir tahun.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan Rp 3 triliun untuk memenuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru, termasuk masa liburan.

"Distribusinya melalui bank umum, terutama untuk ATM karena saat masa liburan banyak wisatawan mengambil uang tunai secara langsung," ujar Sri Fitriani, Ketua Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan BI, Senin 19 Desember 2016 petang.

Sri mengungkapkan, sampai saat ini setiap hari bank-bank umum meminta sirkulasi uang secara bertahap untuk mengisi mesin ATM masing-masing.

Menurut dia, BI DIY memproyeksikan terjadi peningkatan kebutuhan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada akhir 2015, sirkulasi kebutuhan uang yang dibutuhkan sebesar Rp 2,4 triliun, walaupun dalam realisasinya hanya Rp 1,8 triliun.

Proyeksi peningkatan kebutuhan uang, tutur dia, seiring dengan prediksi Dinas Perhubungan yang menyatakan terjadi kenaikan kunjungan wisatawan sebesar 2-3% setiap tahun dengan menggunakan beragam moda transportasi.

"Kalau nanti tahun ini realisasinya juga tidak sebesar proyeksi tidak apa-apa, yang penting uang yang disediakan tidak kurang," tegas Sri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.