Sukses

Jabar Usung Konsep 'Virtual Exhibitions' di Pameran Media Humas

Materi peraga yang ditampilkan dalam pameran anugerah media humas oleh Pemprov Jabar semuanya dalam bentuk digital.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Jawa Barat ikut serta dalam Pameran Anugerah Media Humas yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 17-19 November 2016 di Ballroom Haris Hotel, Bandung.

Konsep yang akan dibangun Pemprov dalam event yang mengusung tema "Membangun Reputasi Indonesia Melalui Kerja Nyata Humas dan Komunitas Informasi" adalah Virtual Exhibitions.

Materi peraga yang ditampilkan semuanya dalam bentuk digital yang kemudian digunakan masing-masing sesuai dengan konten. Majalah dalam bentuk fisik berubah menjadi digital dan bisa dibaca dengan menggunakan media visual layar sentuh (touchscreen).

Majalah selama dua tahun bisa dimuat dalam satu panel dengan interaktif (memilih); untuk informasi potensi Jawa Barat kita bisa melihat materinya tidak dengan brosur melainkan dengan teknologi AR (augmented reality).

Berbagi data bisa langsung didownload, demikian juga dengan informasi program yang dijalankan kita bisa melihat dalam tampilan Video (dengan menggunakan Plasma) dan screen projector dengan tampilan yg lebih menarik.

Konsep virtual ini dikembangkan dengan motif gimmick agar pengunjung lebih tertarik dengan kata lain informasi edukatif dengan tampilan entertaining.

Salah satu gimmick yang dtampilkan adalah bahwa pengunjung bisa selfie dan wefie karena secara digital tampilan gambar akan berubah menjadi berdua. Pemprov Jabar juga menampilkan gimmick Gubernur Jawa Barat dan Menkominfo RI.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terkait Kehumasan mengatakan, bahwa Kehumasan memiliki peran yang sangat penting dalam mengkomunikasikan kepada masyarakat, mengenai berbagai peranan yang telah dilakukan Pemerintah dalam pembangunan, serta dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

"Biasanya kekurangan kita adalah kurang gencar menghadirkan informasi pada masyarakat, apa yang dilakukan oleh Pemerintah. Tentu saya harus katakan bahwa sesungguhnya peran terbesar mengayomi masyarakat, atau peran unsur negara dalam mengayomi seluruh warga negara, untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan adalah unsur Pemerintah. Oleh karena itulah, harus betul - betul diinformasikan apa yang dilaksanakan oleh Pemerintah," Kata Gubernur Aher.

"Tapi makin hari tentu Kehumasan Pemerintah makin bagus, profesional kemudian secara bersama - sama merumuskan supaya tidak ada salah paham dengan masyarakat, informasi tentang apa yang telah dilakukan Pemerintah hadir unuk masyarakat kita," tambahnya.

Aher mengatakan, Humas harus menghadirkan wajah dari sebuah produk atau program yang dijalankan. Oleh karena itulah, Humas memiliki tugas untuk mempertahankan citra positif, tentu dari substansi yang memang positif.

 

Powered By:

Pemprov Jabar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.