Sukses

Filosofi Petai dalam Nasi Panggel Islam Aboge

Nasi panggel dilengkapi dengan lauk seperti ayam, mie goreng, serundeng kelapa, kluban (urap), petai, jengkol, tempe goreng, dll.

Liputan6.com, Purbalingga – Suara tembang kidung Panggel bernuansa Islami mulai menggema di pendopo balai desa Puspa Jaga, Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kamis malam, 19 Mei 2016. Sesaat kemudian, lampu penerangan dimatikan dan membuat suasana gelap. Tak lama berselang, puluhan obor bambu yang dibawa anak-anak mengelilingi balai desa menerangi malam itu.

Dipandu salah seorang warga umat Islam Aboge, Sumerji (49), prosesi Nyadran Bareng malam itu pun dimulai. Ratusan warga dan tamu undangan tampak khidmat memenuhi pendapa itu. Sementara di salah satu sudut pendopo itu, nasi panggel lengkap dengan lauk pauknya siap dibawa dan diarak menuju Mesjid Sayyid Kuning, sekitar 600 meter dari balai desa itu.

Usai kidung Panggel dinyanyikan dengan iringan musik gamelan, kepala desa setempat Budi Triwibowo menyerahkan satu takir nasi panggel lengkap dengan lauk pauknya kepada salah seorang warga, Suryanto. Penyerahan nasi itu sebagai pertanda dimulai kirab nasi panggel.

"Simbol nasi panggel sebagai ungkapan agar tetap ingat kepada Gusti Allah. Panggel, pangeling-eling lebeting penggalih, pengingat di dalam hati kita bahwa ada Sang Pencipta," kata Sumerji.

Sumerji mengungkapkan, nasi panggel dibuat pulen dan dibuat seperti gunung. Nasi itu dilengkapi dengan lauk mulai dari ayam, mie goreng, serundeng kelapa, kluban (urap), petai, jengkol, tempe goreng, tahu goreng, dan kacang hijau yang hampir menjadi kecambah.

"Lauk di nasi Panggel memang dibuat ada yang enak dan ada yang tidak enak," kata Sumerji.

Lauk yang enak seperti daging ayam, sedang yang rasanya kurang enak seperti petai atau jengkol. Simbol lauk yang bermacam-macam ini sebagai wujud bahwa hidup di dunia memang ada hal yang enak dan tidak enak. Namun, semuanya harus disyukuri.

"Dan lauk yang ada harus dimakan, tidak harus mengeluh," ujar Sumerji menerangkan.

Lauk itu juga bermakna tersendiri. Serundeng dari kelapa misalnya, melambangkan manusia harus bisa memberi warna dalam komunitasnya. Serundeng akan membuat makanan menjadi enak, dan gurih.

Pawai obor kirab nasi penggel umat Islam Aboge. (Liputan6.com/Aris Andrianto)

Seperti halnya manusia, agar bisa memberikan warna dalam kehidupan bermasyarakat yang baik. Kemudian, ada petai dan jengkol yang dipotong-potong kecil. Makanan itu melambangkan sebagai kawula alit.

"Manusia hidup di dunia pada hakekatnya hanya manusia biasa, ibaratnya seperti kaum cepethe (tidak punya apa-apa). Semuanya tergantung kepada Gusti Allah. Semua yang melekat di dunia, akhirnya akan sirna. Jabatan dan kekuasaan juga akan tidak ada artinya, setelah manusia meninggal dunia," ujar Sumerji.

Satu pikul nasi panggel itu kemudian diarak menuju Masjid Sayyid Kuning. Masjid yang usianya lebih tua dari Masjid Agung Demak dan merupakan peninggalan Wali Songo.

Arak-arakan nasi panggel itu diawali dengan obor yang dibawa anak-anak. Semua lampu penerangan rumah warga dimatikan. Hanya penerangan obor yang menuntun langkah arak-arakan itu.

Sesampainya di halaman Masjid Sayyid Kuning, nasi panggel itu diletakkan di pintu utama masjid. Sejurus kemudian, sang kepala desa Budi Triwibowo menyerahkan simbol nasi panggel dalam sebuah takir kepada imam masjid Sayyid Kuning, Sudi Maksudi.

Imam masjid itu mendoakan agar semua umat warga Desa Onje, dan tamu yang hadir diberikan keselamatan di dunia dan akhirat, serta diberikan rejeki yang secukupnya. "Mugi-mugi sedoyo pinaringan keslametan, wonten ndonya lan akhirat, ugi diparingi rejeki ingkang cekap (Semoga semuanya diberikan keselamatan di dunia dan akhirat serta diberikan rejeki yang cukup)," ujar Maksudi yang juga dikenal sebagai tokoh Islam Aboge di Desa Onje.

Usai mendoakan warga, Maksudi mengajak kepala desa beserta perangkatnya serta tamu untuk mandi kungkum, di Jojok Pertelu, atau Kedung Pertelu. Tempat itu merupakan pertemuan tiga sungai yang menyatu di Desa Onje.

Mandi di Jojok Telu dalam tradisi Islam Aboge. (Liputan6.com/Aris Andrianto)

Mandi berendam sebagai lambang agar manusia diberikan kebersihan jiwa maupun raganya. Prosesi mandi berendam itu di sungai yang berada tidak jauh dari Masjid Sayyid Kuning itu dipandu oleh Maksudi.

Ia awalnya menyiramkan air dalam satu gayung yang telah diberi bunga melati ke arah kepala. Setelah disiramkan, kemudian para perangkat desa dan tamu menuju air yang diyakini sudah bercampur dari tiga sungai.

Usai prosesi mandi di sungai, para perangkat desa dan tamu kembali ke masjid dan menikmati nasi panggel yang berisi petai bersama secara kenduri. Nasi itu dimakan dengan daun jati sebagai alasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Subeno, mengatakan tradisi Nyadran Bareng yang diawali mulai dari prosesi nasi panggel, hingga mandi di sungai serta makan kenduri bersama, merupakan kearifan tradisi lokal yang perlu terus dijaga.

"Tradisi ini juga bisa dikemas sebagai daya tarik wisata, seperti halnya perayaan keagamaan di Pulau Bali," kata Subeno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.