Sukses

Sultan: Matur Nuwun Juru Parkir Malioboro

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X menegaskan pemindahan area parkir Malioboro sisi utara ke taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA) 1 untuk kepentingan khalayak luas. Untuk itu, Sultan berterima kasih kepada para juru parkir yang mau bekerjasama dengan pihak Pemkot Yogyakarta.

"Matur nuwun sanget sudah bersedia pindah ke sini," kata Sultan saat berdialog dengan para Juru Parkir di ABA 1 lantai 2, Selasa (5/4/2016).

Sultan mengunjungi area tersebut didampingi Kepala Dinas PU-ESDM DIY dan Kepala Dishubkominfo DIY. Sultan berkeliling melihat langsung mulai dari lantai 1-3.

"Terima kasih untuk para juru parkir yang sudah mau bekerja sama. Saya harap penataan ini jadi lebih baik buat Malioboro yang sesek. Bagi warga dan mereka dari luar Jogja dapat menikmati Malioboro dengan lebih baik," kata dia.

Sultan menjelaskan Pemda DIY saat ini sedang membantu Kota Yogyakarta dalam melaksanakan penataan Malioboro dengan suasana baru. Para jukir yang bergabung dalam penataan Malioboro diharapkan bersabar.

Masa peralihan dari tempat lama ke tempat baru itu memang membutuhkan penyesuaian termasuk pendapatan para jukir. Namun, Sultan berharap dengan proses yang ada, nantinya para jukir akan memperoleh prestasi berupa bonus dari Pemkot Yogyakarta.

"Jadi, untuk pendapatan memang relatif kecil tapi mendapatkan uang pengganti. Tapi, nanti tidak hanya honorarium saja tapi bonus sesuai prestasi. Tapi, tergantung bapak-bapak sekalian," ujar Sultan.

Agus Anto, salah seorang juru parkir mengatakan kondisi parkir baru di ABA sudah bagus. Namun, ia meminta ada tambahan penerangan, toilet, dan mushala yang belum tersedia. Ia berharap agar kurangnya fasilitas dapat dipenuhi langsung oleh pemkot.

"Kami usul, penerangan ditambah, toilet dan musala juga belum ada. Semoga ini bisa ada supaya tidak kesulitan," tambah dia.

Menerima permintaan para jukir itu, di hadapan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti pun berjanji akan segera memenuhi fasilitas tersebut. Ia akan segera menambah fasilitas toilet, musala, dan penerangan.