Sukses

Malang Raya Mimpi Jadi Seperti Bandung-Jakarta

Liputan6.com, Malang - Pemerintah tiga daerah di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, ingin bersinergi, terutama di bidang pembangunan sarana dan prasarana. Hal itu agar wilayah Malang bisa seperti layaknya hubungan Bandung dan Jakarta yang saling menguntungkan.
 
Wali Kota Malang, M Anton mengatakan, pemerintah daerah di Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang selama ini masih kurang koordinasi dan mementingkan ego sektoral.
 
"Sekarang kebersamaan tiga daerah di Malang sudah mulai cair. Sudah ada keinginan sinergis membangun bersama," kata Anton, Jumat (1/4/2016).
 
Tiga daerah memiliki kekhasan masing–masing, yaitu Kota Malang dikenal sebagai kota pendidikan, Kabupaten Malang sebagai kawasan industri dan Kota Batu lebih sebagai kota wisata.

Tiga kepala daerah sudah siap bersama-sama membangun infrastruktur yang terkoneksi, misalnya sarana jalan yang terhubung.

"Malang Raya wilayah terbesar kedua di Jawa Timur dan jadi jujugan warga Surabaya untuk berlibur. Karena itu, kami harus bersama–sama membangun," ucap Anton.
 
Ia mencontohkan, Bandung  sebagai penyangga Jakarta. Bandung banyak memanfaatkan limpahan dari Jakarta, baik itu dari kepariwisataan maupun dari bidang lainnya. Hal itu ingin diadopsi pemerintah daerah di Malang Raya.
 
"Kami harus bisa seperti Jakarta–Bandung. Syaratnya tiga daerah di Malang Raya ini harus menciptakan suasana yang kondusif," ucap Anton.
 
Saat ini, Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) di tiga daerah tengah mematangkan konsep sinergi itu. Ketika semua sudah berjalan, hubungan Malang dan Surabaya nantinya bisa seperti Bandung dan Jakarta.