Sukses

Mau Cicipi Kuliner Langka Keraton Cirebon? Tunggu Akhir Bulan Ini

Liputan6.com, Cirebon - Selain tahu gejrot dan nasi jamblang, Cirebon rupanya punya beragam kuliner andalan yang tak kalah lezatnya. Rencananya, Keraton Kasepuhan Cirebon akan mengeluarkan beberapa kuliner khas keraton kepada khalayak masyarakat dalam Festival Pesona Cirebon pada akhir Maret mendatang.

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat mengatakan hanya beberapa jenis kuliner dalem yang akan disuguhkan. Ia menyebutkan beberapa kuliner itu di antaranya adalah kue apem, bubur sura, ayam bumbu, dan Abing Kakap.

"Kendala kami ada di juru masaknya. Sudah jarang sekali, jadi memang kami kesulitannya di situ," kata Sultan Arief Natadiningrat kepada Liputan6.com, Selasa, 15 Maret 2016.

Arief mengatakan kuliner dalem Keraton Kasepuhan tersebut tidak dapat ditemukan di masyarakat umum. Makanan tersebut, kata dia, hanya disuguhkan dalam momen tertentu. Misalnya, kue apem yang hanya keluar setiap bulan 10 Sapar dan bubur sura disuguhkan pada 10 Sura.

"Proses pembuatannya juga tidak secepat membuat makanan yang biasa dimakan," imbuh Arief.

Masing-masing dari kuliner Keraton Kasepuhan Cirebon memiliki filosofi dan sejarah yang berkaitan dengan Islam serta perjalanan Keraton di Cirebon. Contohnya, nasi jimat, bekasem ikan dan nasi bogana.

Arief menerangkan nasi jimat dibuat saat upacara panjang jimat pada Bulan Maulud. Sedangkan, bekasem ikan dibuat pada Bulan Safar dan nasi bogana dibuat saat hari besar Islam.

"Tapi, tiga item makanan tersebut terkendala waktu karena proses pembuatannya cukup lama. Jadi, mungkin kami akan perlihatkan dalam bentuk gambar saja," sebut Arief.