Sukses

Robot Mahasiswa Berlomba Angkut Sampah di Benteng Fort Roterdam

Beberapa karya mahasiswa yang dipamerkan adalah jenis robot, mobil, dan beberapa karya lainnya.

Liputan6.com, Makassar - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto merespon positif kontes robot dan seminar teknologi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan di Benteng Fort Roterdam.

Dalam kegiatan itu sejumlah kreativitas karya mahasiswa dari berbagai jurusan Fakultas Teknik Unhas, di antaranya teknik mesin, elektro, dan biologi dipamerkan di kawasan benteng zaman Belanda tersebut.

"Sudah pasti kita mendukung dan mengapresiasi mahasiswa yang memamerkan hasil karyanya," kata Ramdhan, Makkasar, Senin (11/1/2016).

Sementara, Rifki, ketua penyelenggara pameran robot mengatakan, beberapa karya mahasiswa yang dipamerkan adalah jenis robot, mobil, dan beberapa karya lainnya yang juga rangkaiaan kegiatan Hasanuddin Techno Fest.


"Kegiatan yang kami lakukan memang untuk mendukung program Wali Kota Makassar sebagai Smart City," ujar Rifki.

Pameran ini, kata Rifki, merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Fakultas Teknik Unhas, khususnya fakultas elektro untuk program pemerintahan.

"Karena temanya kota bersih, maka 2 robot dari setiap tim diminta melewati jalur yang telah ditentukan. Dan robot yang satunya ditugaskan sebagai pengangkut sampah yang akan melewati jalan khusus," kata dia.

Menurut Rifki, ada 28 tim yang datang dari berbagai universitas dalam ajang ini, di antaranya Universitas Negeri Makassar, STIMK Dipanegara, Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Sam Ratulangi.

"Setiap tim menampilkan 2 robot ciptaanya yang terdiri dari jenis otomatis dan manual. Ajang ini juga merupakan inisiatif dari Fakultas Teknik Unhas," pungkas Rifki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini