Sukses

6 Manfaat Minum Susu Saat Sahur, Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minum susu saat sahur berasal dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin yang dimilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum susu saat sahur adalah sumber protein terbaik. Mampu menjaga sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, sampai sumber vitamin yang dapat diandalkan. Susu adalah cairan berwarna putih yang sumbernya dari kelenjar mamae binatang mamalia melalui pemerahan.

Dalam satu gelas susu terdapat zat makanan lengkap dan seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Zat lengkap dan seimbang inilah yang mendukung manfaat minum susu saat sahur. Mengonsumsi susu saat sahur pun baik untuk sumber energi dan tidak bikin lemas dikeesokan hari.

Hal yang perlu dijadikan catatan agar manfaat minum susu saat sahur bisa maksimal adalah seimbangkan konsumsinya dengan karbohidrat tambahan. Akan lebih baik dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau putih, karena susu tidak bisa dijadikan sumber energi utama saat puasa.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minum susu saat sahur dari berbagai sumber, Selasa (20/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Minum Susu Saat Sahur Adalah Sumber Protein

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda. Susu dianggap sebagai protein lengkap. Ini yang membuat manfaat minum susu saat sahur dapat diandalkan. Susu pun mengandung semua sembilan asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk berfungsi pada tingkat optimal.

Ada dua jenis utama protein yang ditemukan dalam susu, yakni kasein dan protein whey. Keduanya dianggap sebagai protein berkualitas tinggi dan membuat manfaat minum susu saat sahur wajib dicatat.

Namun, itu bukan berarti seseorang bisa sahur dengan hanya minum segelas susu. Manfaat minum susu saat sahur hanya sebagai sumber protein dan tak membuat perut kenyang lebih lama. Kalau ingin kenyang lebih lama, pastikan bahwa menu sahur yang dikonsumsi bersifat lengkap.

Bukan cuma protein dari susu. Misalnya, bisa menambahkan karbohidrat (akan lebih bagus lagi bila yang disajikan adalah karbohidrat kompleks karena ada kandungan seratnya, seperti nasi merah).

3 dari 7 halaman

Manfaat Minum Susu Saat Sahur adalah Menjaga Sistem Pencernaan

Susu terdiri dari 80 persen kasein yang membawa mineral ke lokasi sasaran tubuh. Kasein berikatan dengan kalsium dan fosfor dan mengantarkannya ke saluran pencernaan. Nah, manfaat minum susu saat sahur ini mampu menjaga sistem pencernaan.

Hal ini dipengaruhi mineral yang dapat mempercepat pencernaan dengan menstimulasi pelepasan cairan pencernaan di perut. Kasein pun diketahui berpasangan dengan rantai asam amino kecil, yang disebut peptida.

Kompleks kasein-peptida ini membuat manfaat minum susu saat sahur dapat mencegah serangan patogen di saluran pencernaan. Tak heran bila kalsium dan protein susu mampu mengobati gangguan pencernaan, gastritis, tukak, sakit maag karena GERD, infeksi bakteri, dan kanker lambung.

4 dari 7 halaman

Manfaat Minum Susu saat Sahur adalah Mengontrol Berat Badan

Beberapa penelitian mengaitkan asupan susu dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Manfaat minum susu saat sahur ini hanya dikaitkan dengan susu murni. Sebuah studi pada 145 anak-anak Latin berusia tiga tahun menemukan bahwa konsumsi susu berlemak dikaitkan dengan rendahnya risiko obesitas anak-anak.

Studi lain yang melibatkan lebih dari 18.000 wanita paruh baya dan lanjut usia menunjukkan bahwa makan lebih banyak produk susu tinggi lemak dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit dan risiko obesitas yang lebih rendah. Ini yang menjadikan manfaat minum susu saat sahur dapat diandalkan mengontrol berat badan.

Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Misalnya, kandungan proteinnya yang tinggi membantu mencegah  seseorang makan berlebihan.

Selain itu, asam linoleat terkonjugasi dalam susu telah dipelajari karena kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Banyak penelitian telah mengaitkan diet yang kaya kalsium dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Bukti menunjukkan bahwa orang dengan asupan kalsium makanan yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kalsium tinggi pada makanan ymemicu pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

Manfaat Minum Susu Saat Sahur adalah Menjaga Jantung

Susu sapi adalah sumber kalium, yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Ini yang membuat manfaat minum susu saat sahur dapat menjaga kesehatan jantung lebih baik.

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Mark Houston Direktur Institut Hipertensi di Rumah Sakit St. Thomas, Tennessee, meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah dari penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg per hari.

Makanan kaya kalium yang dimaksudkan tak cuma  susu sapi. Ada jeruk, tomat, kacang, bayam, pisang, prem, dan yogurt. Namun, peningkatan signifikan dalam asupan kalium dapat memiliki risiko, termasuk masalah jantung. Ada baiknya saat sahur tetap konsumsi susu tetapi jangan berlebihan.

6 dari 7 halaman

Manfaat Minum Susu Saat Sahur adalah Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ajaib karena manfaat minum susu saat sahur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Susu dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan selenium. Selenium berperan dalam sistem daya tahan tubuh, pembentukan dan perbaikan DNA, serta berperan sebagai antioksidan. 

Sifat antioksidan yang dimiliki susu dapat membantu menangkal radikal bebas dan peradangan di dalam tubuh pengonsumsinya. Ini baik untuk dikonsumsi saat sahur sebelum puasa di keesokan harinya. Hasil yang akan didapatkan adalah sel-sel kekebalan mampu bekerja lebih kuat untuk melawan penyakit.

Bila mengacu pada angka kecukupan gizi yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan selenium laki-laki dewasa adalah 30 mikrogram per hari. Untuk kebutuhan selenium perempuan adalah 24-25 mcg per hari.

7 dari 7 halaman

Manfaat Minum Susu saat Sahur adalah Sumber Vitamin

Manfaat minum susu saat sahur dapat menjadi sumber vitamin yang baik karena susu mengandung banyak vitamin. Di antaranya, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, dan K.

Mineral membuat manfaat minum susu saat sahur dapat berperan membentuk enzim, memelihara kesehatan tulang, menyeimbangkan cairan tubuh, dan melancarkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. 

Susu dikenal mengandung asam amino. Ini berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh. Bila kebetulan selama puasa sedang tidak enak badan, minum susu saat sahur atau buka bisa membantu tubuh untuk cepat pulih. 

Manfaat minum susu saat sahur dapat menjadi sumber energi bagi tubuh karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Kalori yang terkandung di dalam susu sebanyak 4 kkal/gram untuk karbohidrat dan proteinnya serta 9 kkal/gram untuk lemaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini