Sukses

Coba 3 Aplikasi Ini Agar Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan Makin Khusyuk

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan Ramadhan, sejumlah pengembang ramai-ramai meluncurkan aplikasi bertema Islami turut meramaikan toko aplikasi Google Play Store.

Tentunya, sebagian besar aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu penggunanya untuk menjalani ibadah puasa selama Ramadan.

Nah bagi kamu pengguna perangkat berbasis Android yang sedang menjalankan ibadah puasa, maka tak ada salahnya jika mencoba tiga (3) aplikasi penunjang kegiatan ibadah di bulan suci Ramadan berikut ini.

1. Umma

Aplikasi rekomendasi pertama adalah Umma. Sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap.

Adapun fitur itu termasuk, dari Al-Qur’an digital, jadwal adzan, arah kiblat, kumpulan doa-doa, serta podcast yang membahas konten Islami.

Pada aplikasi Umma ini, ada absen sesuai dengan jadwal salat yang telah kamu kerjakan. Dengan ini, kamu dapat mengontrol ibadah yang telah dilakukan pada akhir Ramadhan nanti.

Selanjutnya, ada fitur kumpulan artikel mengenai keislaman yang bisa menambah pengetahuan kamu selama menjalani Ramadhan.

 

2 dari 3 halaman

Mutabaah

Aplikasi selanjutnya ada Mutabaah yang telah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna di Play Store.

Fitur yang disediakan yakni checklist daftar ibadah yang dilakukan selama menjalani Ramadhan.

Tak hanya jadwal solat, di aplikasi ini juga ada dzikir pagi hingga sedekah yang masuk dalam daftar ibadah yang kamu lakukan.

Aplikasi ini cukup ringan dengan pemasangan awal hanya membutuhkan 9,7MB memori tersedia.

Daftar yang tersedia bisa kamu isi setiap harinya, dan akan ada rekapan mingguan.

 

3 dari 3 halaman

Yaumi

Aplikasi bertajuk Yaumi Teman Ibadah Muslim Milenial ini telah diunduh lebih dari 50 ribu pengguna di Play Store.

Aplikasi ini menawarkan cukup banyak fitur, dari Quran digital, arah kiblat, kumpulan doa, hingga konsultasi dengan tim dari Yaumi.

Selain itu, ada pula fitur zakat yang bisa digunakan untuk membayar zakat secara praktis melalui smartphone.

Menariknya, pada aplikasi yang cukup ringan ini terdapat juga panduan fiqih dan info event terkait keislaman yang diselenggarakan.

Kemudian, ada paket aktivitas yang disediakan oleh aplikasi yang bisa mengingatkan penggunanya untuk mencapai target tertentu.

(Ysl/Tin)