Sukses

Google Tambahkan Metode Keamanan Biometrik untuk Konfirmasi Pembelian di Google Play

Google menambahkan metode keamanan biometrik sebagai bentuk konfirmasi saat pengguna hendak membeli aplikasi atau item melalui Google Play.

Liputan6.com, Jakarta - Pembelian aplikasi atau game melalui Google Play kini bakal lebih aman. Pasalnya, Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang terjadi.

Hal ini cukup membantu bagi pengguna yang kerap melakukan pembelian aplikasi atau game di Google Play.

Apalagi sebelumnya sering ada berita orang tua harus membayar tagihan kartu kredit yang membengkak karena anak berbelanja diamond game di toko aplikasi dengan begitu mudahnya.

Mengutip email yang dikirimkan Google ke pengguna serta laporan Gizchina, Senin (15/4/2024), aktivasi memode keamanan biometrik ini berlaku pada smartphone yang memiliki fitur keamanan biometrik.

Praktiknya, ketika pengguna mengaktivasi keamanan biometrik, artinya pengguna akan ditanyai untuk verifikasi transkasi, menggunakan fitur biometrik yang dipilih kapan pun mereka malakukan pembelian via Google Play.

"Untuk membuat akun kamu tetap aman, aktifkan verifikasi biometrik untuk setiap pembelian," kata Google Play melalui email ke pelanggan mereka.

Lebih lanjut Google Play juga menyarankan pengguna untuk menghindari berbagi akun dengan orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hati-Hati Simpan Biometrik Orang Lain di HP Kita

"Jika kamu menggunakan metode keamanan biometrik untuk verifikasi pembelian, berhati-hatilah menyimpan biometrik anak-anak atau orang lain di perangkat Anda karena biometrik tersebut juga bisa dipakai untuk verifikasi pembelian," kata pihak Google Play.

Sementara itu sebelumnya, ketika hendak mengaktifkan verifikasi pembelian, pengguna perlu memasukkan kata sandi akun Google untuk tiap transaksi.

Meski langkah ini efektif, tetapi jadi metode yang tidak nyaman. Oleh karenanya, penggunaan metode keamanan biometrik cukup menguntungkan bagi pengguna yang mengandalkan kode sandi atau kesulitan mengingat kata sandi akun Google mereka.

3 dari 4 halaman

Hanya Berlaku untuk Penagihan di Google Play

Penting diingat, update ini hanya berlaku untuk sistem penagihan Google Play. Adapun transaksi yang dilakukan di luar Google Play seperti pembelian langsung dalam aplikasi kemungkinan akan memiliki metode verifikasi yang berbeda.

Cara Aktifkan Metode Biometrik

Cara mengaktifkan verifikasi pembelian melalui otentikasi biometrik cukup mudah. Pada aplikasi Google Play, buka pengaturan profil lalu temukan opsi "Verifikasi pembelian."

Di situ kamu bisa mengaktifkan tombol geser "Verifikasi Biometrik". Ingatlah ini perlu diulang untuk tiap akun Google dan perangkat yang dipakai.

4 dari 4 halaman

Berlaku untuk Semua Pembelian di Google Play

Pada praktiknya, lewat verifikasi pembelian yang aktif, nantinya semua pembelian Google Play termasuk aplikasi buku, film, dan transaksi dalam aplikasi memerlukan konfirmasi melalui sidik jari atau pengenal wajah.

Langkah ini melindungi dari pembelian tak disengaja dan tagihan yang tidak sah, terutama bagi pengguna yang memakai perangkat bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.