Sukses

Waktu Terbaik untuk Olahraga saat Puasa dan Pilihan Latihan yang Ringan

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa perlu dikenali untuk menjaga kebugaran.

Liputan6.com, Jakarta Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa perlu diketahui setiap orang. Walaupun sedang tidak makan dan minum, kamu tetap perlu menjaga kebugaran tubuh. Caranya dengan memilih waktu yang tepat untuk berolahraga sehingga tubuh tidak merasa lemas.

Tidak hanya memperhatikan waktunya, kamu juga harus memilih olahraga yang tepat untuk dilakukan saat puasa ini. Dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan dalam waktu 30 sampai 60 menit.

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa perlu dikenali untuk menjaga kebugaran. Selain pemilihan waktu olahraga yang cukup signifikan pengaruhnya, pemilihan olahraga dengan intensitas ringan juga harus dilakukan agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/4/2020) tentang waktu terbaik untuk olahraga saat puasa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sebelum Berbuka

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa tentunya adalah sebelum berbuka puasa. Hal ini sangat bagus untuk membakar lemak lebih banyak, sehingga efektif menurunkan berat badan.

Setelah berolahraga, yang tentunya menggunakan sisa energi, kamu bisa langsung makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan berolahraga sebelum buka merupakan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa.

Namun kamu tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan. Pasalnya, kamu masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

3 dari 7 halaman

Setelah Berbuka

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa berikutnya adalah pada saat setelah buka puasa. Berbeda dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, saat setelah berbuka ini kamu bisa melakukannya dua sampai tiga jam setelah buka puasa.

Tunggu hingga makanan dicerna oleh tubuh setelah berbuka sehingga kamu mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena sudah makan dan mengisi tubuh lagi dengan energi, kamu bisa melakukan olahraga apapun yang kamu inginkan pada saat ini, dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

4 dari 7 halaman

Setelah Sahur

Setelah sahur juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk olahraga saat puasa. Hal ini karena tubuh telah menerima energi dari makanan saat sahur, sehingga kamu bisa melakukan olahraga pada saat ini.

Namun, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan saja. Olahraga setelah sahur baik kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Namun, kamu tetap harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya sampai waktu buka puasa, sehingga jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu ini.

5 dari 7 halaman

Pilihan Olahraga saat Puasa

Setelah mengenali waktu terbaik untuk olahraga saat puasa, kamu bisa memilih beberapa olahraga dengan intensitas ringan yang akan kamu lakukan. Berikut beberapa olahraga yang cocok dilakukan saat puasa:

Jogging

Jogging adalah pilihan olahraga sore menjelang berbuka yang dapat kamu pilih. Kamu bisa melakukan jogging di taman kota atau kompleks perumahan dengan 1 atau 2 putaran. Kamu juga bisa sekalian ngabuburit menunggu buka puasa tiba.

Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit pada sore hari. Hindari Jogging berlebihan yang membuat dehidrasi. Lakukan jogging dengan intensitas santai dan ringan, atur ritme lari yang ringan dan santai.

Bersepeda

Olahraga yang dapat dilakukan untuk sekalian ngabuburit adalah bersepeda. Olahraga sederhana satu ini dapat menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama 45 menit juga dapat membakar kalori yang dapat menurunkan berat badan. Kamu dapat bersepeda di sore hari dengan santai sambil menunggu waktu berbuka.

6 dari 7 halaman

Pilihan Olahraga saat Puasa

Yoga

Ketika puasa mungkin kamu akan merasa malas untuk berolahraga. Tapi kamu bisa mencoba yoga, olahraga santai dan tidak memerlukan banyak energi untuk melakukannya sehingga cocok dilakukan saat puasa Ramadan.

Selain itu kamu tak perlu keluar rumah untuk melakukan yoga. Kamu bisa beryoga sambil menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Persiapkan diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.

Taici

Jenis olahraga ini juga dapat menjadi pilihan selama berpuasa. Taici merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

7 dari 7 halaman

Pilihan Olahraga saat Puasa

Renang

Renang merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Aktivitas fisik ini membakar kalori cukup besar tanpa rasa berkeringat yang membuat kamu tidak nyaman selama puasa. Namun ingat, jangan menelan air saat berenang agar puasa tidak batal.

Jalan cepat

Selain jogging, jalan cepat adalah alternatif tepat yang dapat dilakukan menjelang berbuka. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Selain itu jalan cepat juga lebih sedikit memakan energi tubuh, jadi kamu tak mudah merasa lelah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.