Sukses

Beberapa Tradisi Unik Bulan Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Indonesia memang memiliki masyarakat yang beragam, oleh karena itu pula banyak tradisi yang unik dan menarik dari setiap daerahnya, termasuk dalam menyambut bulan suci Ramadan. Tradisi seperti apa saja itu?

Jakarta Orang Jawa pasti mengenal tradisi Nyadran atau Nyekar. Ini adlaah tradisi mengunjungi dan membersihkan makam keluarga serta sahabat sebelum bulan Ramadan tiba. Tak hanya membersihkan, mereka juga menaburi bunga dan berdoa.

Semarang memiliki tradisi Dugderan, yang sudah berlangsung semenjak abad ke-19. Tradisi ini dibuat seperti pesta rakyat, dengan menampilkan karnaval hingga tabuh bedug.

Aceh memiliki tradisi Meugang, yang sudah berlangsung sejak masa kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda. Masyarakat Aceh akan memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga serta anak-anak yatim piatu. Hal tersebut mereka lakukan sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang diberikan.

Selain Malamang, Minangkabau memiliki tradisi lain yang bernama Balimau. Ini adalah tradisi mandi menggunakan air jeruk nipis di kawasan aliran sungai, yang bertujuan untuk membersihkan diri sebelum masuk ke bulan Ramadan.

Selanjutnya ada Kirab Dandangan yang berasal dari Kudus. Acara ini sudah ada dari zaman Sunan Kudus, dan kini acara ini menjadi kirab budaya. Kirab Dandangan ini dimulai 2 pekan sebelum puasa dan berakhir pada malam menjelang sahur hari pertama.

 

Jepara memiliki acara Gebyar Ki Aji Tunggal. Tradisi ini digelar untuk mengingatkan masyarakat akan datangnya bulan Ramadan, dan digelar tiap bulan Sya'ban.

Bali memiliki tradisi Megibung, yang artinya duduk melingkar dan makan bersama-sama. Semacam banca'an kalau di Jawa. Tradisi ini digelar pada hari 10, 20 dan 30 puasa.

Sumber: Kapanlagi

Reporter: Ferry Sanjaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.