Sukses

Nasu Palekko, Hidangan Khas Ramadan Warga Soppeng Sulsel

Fokus, Sulawesi Selatan - Pelesiran saat bulan Ramadan kali ini, Ramadan Asyik mengajak Anda ke Indonesia Timur, tepatnya Kota Kelelawar, Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Seperti ditayangkan Ramadan Asyik dalam Fokus Indosiar, Jumat (18/05/2018), disebut Kota Kelelawar,  karena di Kota Watansoppeng kawanan kelelawar hidup bersahabat dengan warga setempat.

Usai menikmati pemandangan Kota Soppeng, kini waktunya mencari kuliner untuk berbuka puasa. Kemudian, salah satu kuliner khas Soppeng adalah nasu iti palekko.

Biasanya di bulan puasa hidangan nasu palekko yang berbahan dasar itik ini semakin dicari para penggemarnya. Beragam rempah dan bumbu masak digunakan untuk membuat nasu palekko. Semua bahan dijadikan sebagai bumbu halus.

Cara membuatnya, yaitu dengan bebek atau itik yang telah dipotong kecil-kecil, diberi perasan jeruk nipis bersama asam, kunyit, garam, dan daun jeruk serta daun salam. Selanjutnya direbus dengan air dan bumbu halus hingga meresap dan daging itik akan empuk serta beraroma khas.

Sebagai hidangan untuk berbuka puasa, nasu palekko kerap disajikan dengan ketan hitam yang diberi parutan kelapa atau disebut sokko bolong.

Sementara, untuk menikmati satu porsi nasu palekko biasanya dibanderol seharga Rp 20 ribu rupiah per porsi atau Rp 75 ribu per ekor.