Sukses

Perut Kosong Waktu Buka Puasa, Jangan Langsung Konsumsi Ini

Ada jenis makanan dan minuman tertentu yang sebaiknya tak dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Apalagi setelah puasa seharian penuh, perut bisa sangat sensitif terhadap minuman atau makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ketika perut keroncongan saat masuk waktu berbuka puasa, rasanya memang tak sabar untuk langsung menyantap hidangan apapun yang ada di depan mata. Memang sebaiknya kita disegerakan untuk berbuka. Tapi bukan berarti harus terburu-buru menyantap hidangan yang ada.

Dan ada jenis makanan serta minuman tertentu yang sebaiknya tak dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Apalagi ketika baru berpuasa seharian penuh, perut bisa sangat sensitif terhadap minuman atau makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh. Sebisa mungkin hindari minuman atau makanan ini ketika perut masih dalam keadaan kosong ketika buka puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Pedas

Jangan langsung menyantap makanan pedas saat waktu berbuka tiba. Mengonsumsi makanan pedas saat kamu belum makan apa pun bisa jadi hal yang buruk. Kenapa? Karena capsaicin (senyawa pedas pada cabai) yang bercampur dengan asam lambung bisa menyebabkan reaksi yang membuat perut sakit dan kram.

Buah Pisang

Mengonsumsi buah saat berbuka puasa juga dianjurkan sebenarnya. Tapi sebaiknya tidak langsung menyantap pisang saat perut dalam keadaan kosong. Buah pisang memang sehat dikonsumsi saat sarapan, tapi makan pisang saat perut kosong bisa menyebabkan kenaikan jumlah magnesium dalam darah. Akibatnya bisa mengacaukan keseimbangan kalsium dalam darah.

3 dari 4 halaman

Buah Tomat

Kadar asamnya yang tinggi membuat buah tomat kurang baik dikonsumsi saat perut kosong. Asam lambung dan asam di dalam tomat bisa bereaksi dan menimbulkan gas yang bisa membuat sakit perut, kembung, dan begah. Dan aneka buah asam lainnya sebaiknya juga tak dikonsumsi ketika baru masuk waktu berbuka puasa.

Minuman Bersoda

Menikmati minuman bersoda dingin saat berbuka puasa tampaknya bisa langsung menghilangkan dahaga. Tapi ternyata minuman bersoda kurang baik diminum saat perut dalam keadaan kosong. Minuman bersoda memiliki asam karbonat tinggi dan ketika asam dalam soda bercampur dengan asam lambung di perut, maka bisa menyebabkan kontraksi dan membuatmu sakit perut hingga mual-mual.

4 dari 4 halaman

Kopi dan Minuman Berkafein Lainnya

Menikmati kopi atau minuman berkafein saat perut kosong bisa membuat perut kembung. Hal ini karena kandungan kafeinnya bisa membuat perut menghasilkan gas. Belum lagi kalau kamu punya bawaan penyakit maag, sangat tidak direkomendasikan langsung minum kopi atau minuman berkafein saat baru masuk waktu buka puasa.

Yogurt

Kandungan asam dalam yogurt bisa membuat perut sakit bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Memang kandungan probiotiknya baik dan menyehatkan. Tapi sebaiknya tidak dikonsumsi ketika perut masih kosong.

Pastikan juga kamu mengetahui kondisi perut atau lambungmu dengan baik, ya Ladies. Kenali makanan apa saja yang sering membuatmu mual atau sakit perut bila dimakan dalam keadaan perut kosong. Karena kondisi tiap orang bisa berbeda satu sama lain.

Sumber: Vemale.comPenulis: Endah Wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini