Sukses

Anak Baru 5 Tahun, Bolehkah Puasa?

Anak usia lima-enam tahun sudah bisa mulai belajar puasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Mengenalkan puasa kepada anak dimulai dari usia dini. Menurut dokter spesialis anak Margareta Komalasari, anak usia lima-enam tahun sudah bisa belajar puasa.

Pada umumnya anak akan belajar puasa beberapa jam saja. Baru lama-lama ditambah durasinya menjadi lebih lama. 

Ketika anak terlihat lemas dan tampak tanda-tanda dehidrasi, tidak apa-apa bila membatalkan puasa, seperti disampaikan wanita yang akrab disapa Ata ini.

"Bila sudah dehidrasi, ditandai dengan lesu dan lemas, tidak apa-apa bila mau buka. Ini kan masih proses belajar puasa," katanya saat ditemui dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan asupan nutrisi

Orangtua pun tak perlu takut bila anak berpuasa. Tubuh memiliki hormon dan enzim yang akan menyesuaikan kondisi tubuhnya.

Namun, bagaimana dengan anak yang memiliki keluhan asam lambung?

"Pada anak yang memiliki masalah dengan asam lambung, berdasarkan laporan, puasa membuat keluhan asam lambungnya berkurang," tuturnya.

Walau begitu, orangtua wajib memperhatikan asupan nutrisi saat sahur. Pada prinsipnya makanan saat sahur yang dikonsumsi anak dan keluarga terdiri dari gizi seimbang yang ada karbohidrat, protein, sayur dan buah. Hindari makanan berminyak dan susah dicerna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.