Sukses

Soal Reshuffle Kabinet, Seknas Jokowi Ingatkan Hak Prerogatif Presiden

Seknas Jokowi meminta semua pihak dapat menghormati hak konstitusional tersebut tanpa memberikan intervensi apapun terkait reshuffle kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok relawan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi angkat bicara mengenai wacana perombakan kabinet atau reshuffle Joko Widodo-Jusuf Kalla yang mulai muncul.

Sekjen Seknas Jokowi, Dedy Mawardi mengatakan, reshuffle kabinet merupakan hak istimewa seorang presiden.

"Presiden punya hak prerogatif yang diatur oleh konstitusi dalam urusan memilih dan mengangkat menteri," kata Dedy di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Karena hal itu, dia menyatakan semua pihak dapat menghormati hak konstitusional tersebut tanpa memberikan intervensi apapun terkait reshuffle kabinet.

"Kita hanya bisa memberi masukan yang positif sebagai bahan pertimbangan," ucap Dedy.

Isu reshuffle kabinet mencuat pascatiga menteri pemerintahan Jokowi-JK terseret kasus dugaan korupsi. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut bahwa Presiden Jokowi mengatakan reshuffle kabinet bisa saja terjadi ataupun tidak dalam waktu dekat.

"Perombakan kabinet ya Presiden sudah mengatakan bisa iya, bisa tidak. Kami lihat kepentingannya," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 2 Mei 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Saja

Menko Polhukam Wiranto meminta publik untuk menunggu saja apakah perombakan kabinet akan benar-benar dilakukan Jokowi.

"Ditunggu saja. Nanti kan ada penjelasan Presiden tentang penilaian-penilaian beliau. Capaian apa yang sekarang ke depan nanti, membutuhkan satu tim seperti apa? Presiden saja nanti ditanya," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin 29 April 2019.

Terkait kabar reshuffle kabinet akan dilakukan Jokowi dengan jumlah perombakan yang signifikan, Wiranto menjawab sambil tersenyum.

"Saya enggak dengar, tanya Presiden soal itu. Tapi nanti akan banyak lagi simpang siur masalah, seperti tahun dulu juga begitu," ia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

Video Terkini