Sukses

Dukung Jokowi, Gubernur Riau Diminta Tak Jadi Timses

Gubernur Riau yang juga kader Partai Amanat Nasional (PAN), Syamsuar menyatakan dukungan kepada capres petahana Jokowi di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Riau yang juga kader Partai Amanat Nasional (PAN), Syamsuar menyatakan dukungan kepada capres petahana Jokowi di Pilpres 2019. Dukungan tersebut tentu bersebrangan dengan sikap DPP PAN secara resmi mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menegaskan di PAN, Syamsuar bukan pengurus. Pihaknya menghormati keputusan itu. 

"Jadi menurut saya simpel saja. Dia bukan pengurus, jadi kalau dia menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah Pak Jokowi, ya saya kira sah saja," kata Eddy, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Meski begitu, Eddy meminta Syamsuar tidak bergabung dalam tim sukses Jokowi-Ma'ruf. Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini berharap Syamsuar bisa menepati janji-janji kampanyenya. 

"Kita sudah minta beliau jangan jadi tim sukses. Baik itu timses 01 maupun 02. Beliau itu diangkat sebagai gubernur itu untuk melaksanakan janji kampanyenya," ungkapnya. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Dukungan

Eddy Soeparno yakin dukungan Syamsyuar pada Jokowi tak akan pengaruhi elektabilitas Prabowo dan Sandiaga di Riau. Sebab, mesin partai koalisi Prabowo-Sandi sudah menjalar ke akar rumput. 

"Saya kira tidak ya. Kita sudah cek beberapa kali, Riau itu kita merasa sangat kuat posisinya Prabowo-Sandi," kata Eddy.

Eddy menilai gubernur tidak akan berperan dominan dalam mempengaruhi pilihan masyarakat. Menurutnya, masyarakat sudah memiliki pilihannya masing-masing. 

"Mau gubernur apapun menghimbau untuk mendukung A mendukung B itu saya percaya pada akhirnya Masyarakat sudah cerdas dan bisa menentukan pilihannya berdasarkan logika dan akal sehatnya sendiri," ungkapnya. 

Gubernur Riau Syamsuar menyatakan dukungannya terhadap Joko Widodo atau Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019. Hal itu dikatakan Syamsuar usai dilantik Jokowi sebagai Gubernur Riau di Istana Negara Jakarta.

"Saya berharap beliau bisa dua periode," ujar Syamsuar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.