Sukses

PAN Pastikan Tak Pakai Politik Identitas pada Pilpres 2019

Eddy memastikan koalisi kuat didukung representasi ulama tak berarti akan menggunakan politik identitas

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno memastikan partainya tak akan menggunakan isu identitas pada Pemilihan Presiden 2019. Menurutnya, agenda yang berpotensi memecah belah masyarakat akan mencederai landasan partai. Karena itu, mereka siap bertarung ide dan gagasan melawan kubu lawan.

"Kami sebagai partai menjamin tidak akan mengusung agenda politik identitas tersebut," kata Eddy di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2018).

Adapun PAN berkoalisi dengan Gerindra dan PKS mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Eddy memastikan koalisi kuat didukung representasi ulama tak berarti akan menggunakan politik identitas

"Bahwa kemudian didukung pihak representasi tokoh agama bukan berarti menggunakan politik identitas. Bukan berarti kita mengusung agenda tersebut," kata dia.

Menurutnya, masyarakat sudah cerdas memilih pasangan. Eddy menilai saat ini masyarakat jengah dengan hingar bingar politik tanpa solusi. Karena itu kalau terus dicekoki konflik, masyarakat tahu itu bukan pasangan calon pilihan mereka.

"Kalau hanya membelah dan membuat konflik yang lebih dalam, masyarakat sangat cerdas memilih bahwa itu bukan calon yang dikehendaki tapi calon yang bisa merangkul semua pihak," ucapnya.

Sementara, terkait hasil survei LSI Denny JA yang menyatakan Prabowo-Sandiaga yang kalah cukup jauh dari lawan petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dia percaya diri hasil itu akan berubah di hari pencoblosan. Dia membandingkan ketika Pilgub DKI Jakarta.

"Ketika Anies-Sandi bertarung di DKI mereka memulai dengan elektabilitas 'dhuafa' tapi nyatanya di hari akhir toh bisa menang melawan petahana. Apa yang kita lihat di depan mata tentu akan berbeda perjalanan kita mungkin enam sampai delapan bulan datang sampai hari H untuk pencobolasan yang akan datang," kata Eddy.

Dia mengatakan angka yang kecil tak membuatnya berkecil hati. Itu bakal menjadi bahan evaluasi. Eddy yakin akan terjadi perubahan ketika mulai mensosialisasikan pasangan calon ke masyarakat.

"Angka yang menjadi acuan kita untuk memacu diri kita lebih besar lagi lebih kuat lagi karena kita tak berkecil hati yang ditampilkan oleh LSI tersebut," kata dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.