Sukses

9 Ribu Pemilih di Pilkada Karawang Belum Punya E-KTP

Yudi mengaku sudah melakukan persiapan terkait pengadaan blangko KTP. Setiap minggu Disdukcapil mendapat kiriman 10 ribu blangko e-KTP dari pemerintah pusat.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 9 ribu warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang memiliki hak pilih pada Pilkada belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

"Kami meminta agar warga yang sudah terdaftar sebagai pemilih pada pilkada nanti tapi belum memiliki e-KTP segera melakukan perekaman e-KTP," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat Yudi Yudiawandi Karawang, Jumat (16/10/2020).

Ia menargetkan sebelum pemungutan suara Pilkada Karawang, sebanyak 9 ribu orang yang memiliki hak pilih pada pilkada tersebut sudah melakukan perekaman dan memiliki e-KTP.

Menurut dia, data pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP berasal dari KPU. Kemudian pihaknya menelusuri daftar pemilih tersebut dan ternyata ada beberapa yang sudah melakukan perekaman.

"Sebelumnya kita mendapat daftar pemilih dari KPU sebanyak 13 ribu pemilih. Setelah ditelusuri ada 9 ribu yang belum melakukan perekaman. Sisanya sudah melakukan perekaman e-KTP," katanya seperti dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengadaan Blanko E-KTP

Ia mengaku sudah melakukan persiapan terkait pengadaan blangko KTP. Setiap minggu Disdukcapil mendapat kiriman 10 ribu blangko e-KTP dari pemerintah pusat.

"Rata-rata pemohon e-KTP sebanyak 1.100 orang per hari. Jadi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Yudi.

Sementara itu, KPU Karawang telah menetapkan daftar pemilih tetap pada Pilkada 2020 mencapai 1.643.490 pemilih. Terdiri atas 823.722 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 819.768 pemilih perempuan.

Sebanyak 1.643.490 pemilih itu tersebar di 309 desa/kelurahan, 30 kecamatan sekitar Karawang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.