Sukses

KPU Riau Sediakan TPS Khusus Pasien Covid-19

TPS khusus itu disiapkan di sekitar rumah sakit yang merawat pasien Covid-19, sedangkan bagi pasien diisolasi mandiri di rumah akan didatangi ke kediamannya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Riau bakal menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi pasien Covid-19 pada Pilkada 2020 di rumah sakit atau gedung yang jadi lokasi perawatan.

"Pemilih yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap masih bisa menggunakan hak pilihnya dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang," kata anggota KPUD Riau Nugroho Noto Susanto, di Pekanbaru, Senin (14/9/2020), seperti dilansir Antara.

TPS khusus itu disiapkan di sekitar rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 sedangkan bagi pasien diisolasi mandiri di rumah akan didatangi ke kediamannya.

"Petugas akan jemput bola kepada pasien yang positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," kata Nugroho.

Jika pasien dalam kondisi tidak memungkinkan untuk mencoblos sendiri, kata dia, penggunaan hak pilihnya nanti akan diwakilkan kepada orang yang dipercaya atau anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara.

"Bagi pemilih yang diisolasi di rumah akan didatangi oleh petugas KPPS untuk memilih, nantinya penggunaan hak pilihnya bisa diwakilkan kepada orang kepercayaan atau bisa diserahkan ke petugas KPPS dengan prinsip menjaga kerahasiaan," kata Nugroho.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilkada di Riau

Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 akan digelar di 270 daerah di Indonesia di tengah terpaan nyata pandemi Covid-19.

Untuk Provinsi Riau, Pilkada itu akan dilaksanakan pada sembilan kabupaten/kota yakni Bengkalis, Dumai, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Rokan Hilir, Siak, dan Rokan Hulu dengan total 8.400 TPS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.