Sukses

PDIP Klaim Kuasai Jateng V, Suara Puan Maharani Tertinggi

PDIP mengklaim, sistem data yang mereka miliki bisa dipertanggungjawabkan karena berbasis data yang otentik.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP mengklaim, berdasarkan hasil perhitungan internal partai, pihaknya menguasai lima kursi DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V. Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mendapatkan suara tertinggi.

"Mbak Puan mendapatkan 48.882 suara," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam jumpa pers metode real count oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Sedangkan, empat calon legislatif yang lolos berdasarkan data tersebut adalah Aria Bima dengan 19.940 suara, Muchamad Nabil Haroen dengan 1.873 suara, Faozan Amar dengan 1.282 suara dan Alfian Reziani dengan 1.085 suara.

Kepala BSPN PDIP Arif Wibowo menyebut, data tersebut diambil berdasarkan salinan C1 yang diterima saksi partai. Di tingkat daerah, kata dia, PDIP memiliki kamar hitung yang memberikan data secara online.

Adapun metode hitungan untuk pileg menggunakan Sainte Lague dengan suara masuk 295.593.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Dipertanggungjawabkan

Arif mengklaim, sistem data yang mereka miliki bisa dipertanggungjawabkan karena berbasis data yang otentik. Pihaknya siap diaudit dan dibandingkan dengan real count KPU.

"Dengan demikian kami TKN berani bertanggungjawab atas sistem metodologi yang kami gunakan untuk menghitung seluruh hasil penghitungan suara di setiap TPS baik pemilu presiden dan pemilu legislatif berbasis C1," ucap Arif.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.