Sukses

Ini 5 Komisioner KPU Riau yang Lulus Seleksi Tahap Akhir

Dari lima nama komisionerKPU Ria yang dinyatakan lulus, posisi puncak ditempati Ilham Muhammad Yasir yang merupakan satu-satunya petahana yang lulus hingga tahap akhir.

Liputan6.com, Pekanbaru - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan lima nama komisioner asal Riau yang lulus seleksi hingga tahap akhir dan dinyatakan berhak atas jabatan KPU periode 2019 - 2024.

"Tahapan selanjutnya kelima komisioner ini akan dilaksanakan pelantikan 19 Februari di Jakarta," ungkap anggota KPU Riau, Sri Rukmini kepada Antara di Pekanbaru, Jumat, 1 Februari 2019. 

Pengumuman ini dilakukan setelah uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) tahap akhir yang dilalui oleh 10 calon komisioner sebelumnya. Dari 10 nama yang lulus pada tahap wawanacara dipilih lima teratas, yang akan menduduki jabatan sebagai anggota KPU Riau selama 5 tahun ke depan.

"Lima posisi terbawah akan menjadi cadangan atau pengganti antar Waktu," ujarnya.

Sebanyak 10 nama komisioner yang lulus seleksi berdasarkan ranking tertinggi yaitu Ilham Muhammad Yasir SH LLM, Firdaus, Abdul Rahman, Nugroho Noto Susanto, Drs Joni Suhaidi Khery Sudeska. Kemudian Yasrif Yakub Tambusai, MH, Dr Saut Maruli Tua Manik, Dr Ir H T Edy Sabli, dan Alnofrizal SE MIkom.

Rilis nama komisioner yang lulus ini juga sudah ditayangkan pada laman KPU RI, dimana terdapat kabupaten/kota se- Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisi Puncak Ditempati Petahana

Dari lima nama komisioner yang dinyatakan lulus, posisi puncak ditempati Ilham Muhammad Yasir yang merupakan satu-satunya petahana yang lulus hingga tahap akhir. 

Saat dikonfimasi, Ilham mengaku bersyukur dirinya bisa kembali dipercaya menjabat komisioner KPU Riau. 

Sementara itu Ilham Muhammad Yasir saat dikonfirmasi merasa bersyukur bisa kembali dipercaya menjabat komisioner KPU Riau. Dia berjanji akan menjaga amanah, terutama melanjutkan kerja persiapan menyelenggarakan pemilu.

"Yang sudah disiapkan bersama rekan-rekan anggota KPU Riau periode 2014-2019 akan kami selesaikan, seperti tahapan Pileg dan Pilpres sejak akhir 2017 lalu untuk menyongsong 17 April 2019," pungkas Ilham Muhammad Yasir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.