Sukses

Ini 5 Komisioner KPU Riau yang Lulus Seleksi Tahap Akhir

Liputan6.com, Pekanbaru - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan lima nama komisioner asal Riau yang lulus seleksi hingga tahap akhir dan dinyatakan berhak atas jabatan KPU periode 2019 - 2024.

"Tahapan selanjutnya kelima komisioner ini akan dilaksanakan pelantikan 19 Februari di Jakarta," ungkap anggota KPU Riau, Sri Rukmini kepada Antara di Pekanbaru, Jumat, 1 Februari 2019. 

Pengumuman ini dilakukan setelah uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) tahap akhir yang dilalui oleh 10 calon komisioner sebelumnya. Dari 10 nama yang lulus pada tahap wawanacara dipilih lima teratas, yang akan menduduki jabatan sebagai anggota KPU Riau selama 5 tahun ke depan.

"Lima posisi terbawah akan menjadi cadangan atau pengganti antar Waktu," ujarnya.

Sebanyak 10 nama komisioner yang lulus seleksi berdasarkan ranking tertinggi yaitu Ilham Muhammad Yasir SH LLM, Firdaus, Abdul Rahman, Nugroho Noto Susanto, Drs Joni Suhaidi Khery Sudeska. Kemudian Yasrif Yakub Tambusai, MH, Dr Saut Maruli Tua Manik, Dr Ir H T Edy Sabli, dan Alnofrizal SE MIkom.

Rilis nama komisioner yang lulus ini juga sudah ditayangkan pada laman KPU RI, dimana terdapat kabupaten/kota se- Indonesia.

2 dari 3 halaman

Posisi Puncak Ditempati Petahana

Dari lima nama komisioner yang dinyatakan lulus, posisi puncak ditempati Ilham Muhammad Yasir yang merupakan satu-satunya petahana yang lulus hingga tahap akhir. 

Saat dikonfimasi, Ilham mengaku bersyukur dirinya bisa kembali dipercaya menjabat komisioner KPU Riau. 

Sementara itu Ilham Muhammad Yasir saat dikonfirmasi merasa bersyukur bisa kembali dipercaya menjabat komisioner KPU Riau. Dia berjanji akan menjaga amanah, terutama melanjutkan kerja persiapan menyelenggarakan pemilu.

"Yang sudah disiapkan bersama rekan-rekan anggota KPU Riau periode 2014-2019 akan kami selesaikan, seperti tahapan Pileg dan Pilpres sejak akhir 2017 lalu untuk menyongsong 17 April 2019," pungkas Ilham Muhammad Yasir.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mahasiswa Ajak Masyarakat Boikot Pemilu

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
KPU Bangka Goes To School Demi Gaet Pemilih Pemula Pemilu 2019
Artikel Selanjutnya
KPU Tidore Tingkatkan Kapasitas Relawan Demokrasi Pemilu 2019