Sukses

Bacakan Visi Misi, Prabowo Janji Lindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Beri Hidup Layak

Calon Presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto membacakan visi dan misi pada debat capres ketiga pada hari ini, Minggu (7/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto membacakan visi dan misi pada debat capres ketiga pada hari ini, Minggu (7/1/2024).

Seperti diketahui, pada hari ini tema debat capres Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 berfokus ada enam hal yakni, pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, globalisasi dan politik luar negeri.

"Malam ini kita berbicara tema-tema yang sangat penting pertahanan, hubungan internasional, geopolitik, globalisasi, keamanan," ujar Prabowo saat membacakan visi misi di debat capres, Minggu (7/1/2024).

Menurut Prabowo, dengan demikian, kita semua saat ini kembali kepada dasar negara Undang-Undang Dasar atau UUD 1945.

"Dengan demikian kita kembali kepada dasar kita, tujuan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar kita, dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercantum sangat tegas bahwa tujuan nasional kita yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah indonesia. Jadi fungsi dari negara yang pertama adalah melindungi, berarti pertahanan," papar dia.

Prabowo menyadari, negara Indonesia merupakan negara yang besar dan kaya, hingga bahkan didatangi banyak negara jauh ke Nusantara.

"Ratusan tahun negara-negara dari jauh datang ke Nusantara ini untuk intervensi, untuk menggangu, untuk adu domba, dan untuk mencuri kekayaan kita, sampai kita merdeka, kita pun harus berhadapan dengan kekaayan alam kita diambil dengan murah," ucap dia.

"Karena itu, untuk kita menjadi negara makmur, untuk kita menjadi negara sejahtera, untuk rakyat kita hidup layak, punya pekerjaan layak, kita harus menjaga kekayaan kita, kita harus menjaga, dan habis itu kita harus mengelola kekayaan kita," tandas Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Hal Wajib Diketahui soal Debat Capres Malam Ini 7 Januari 2024

Sebelumnya, debat ketiga pemilihan presiden akan dihelat pada malam ini, Minggu, 7 Januari 2024. Debat akan kembali mempertemukan masing-masing kandidat calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Rencananya, debat capres akan disiarkan langsung oleh hampir seluruh televisi nasional dan platform sosial media seperti YouTube, tepat pukul 19.00 WIB.

Sebelum menonton perhelatan akbar tersebut, berikut lima hal yang perlu diketahui jelang debat ketiga pilpres 2024 yang dirangkum oleh Tim Redaksi Liputan6.com:

1. Tema Debat

Tema debat menjadi hal yang paling krusial. Sebab, tema debat diketahui berbeda di tiap sesinya. Pada malam nanti, tema debat yang akan diangkat berfokus ada enam hal yakni, pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, globalisasi dan politik luar negeri.

2. Sebelas Nama Panelis

Seperti halnya tema debat yang selalu berbeda, panelis juga menjadi hal yang paling ditunggu untuk diketahui oleh publik. Panelis debat capres bertugas sebagai penyusun soal terkait tema debat. Maka dari itu, panelis akan selalu berbeda di tiap sesi debat.

Pada debat ketiga pilpres 2024, KPU pada 3 Januari 2024 mengumumkan 11 nama orang panelis. Mereka terdiri dari kalangan profesional mau pun akademisi yang dipastikan independen dan berintegritas untuk menjaga kerahasiaan soal-soal yang akan disampaikan pada tiap debat.

Berikut 11 orang nama panelis yang sudah terkonfirmasi menjadi panelis debat capres dan akan mulai dikarantina lusa, 5 Januari 2023:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)

9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

 

3 dari 4 halaman

Moderator

3. Moderator Debat

Moderator debat menjadi sosok penting saat debat pilpres. Kehadiran moderator bertugas memandu dan menjadi wasit serta pengendali jalannya debat capres-cawapres. Karena itu, rekam jejak moderator perlu diperhatikan agar debat berjalan lancar.

Pada debat capres nanti malam, ada dua orang yang sudah diumumkan namanya oleh KPU sebagai moderator yakni Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki.

Ariyo Ardi adalah seorang jurnalis senior dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang penyiaran, pembawa acara, hingga pemimpin redaksi di GTV sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Ariyo tercatat juga pernah menjabat sebagai Deputi Editor di iNews TV dan RCT sebagai eksekutif produser dan anchor. Sebelum bergabung dengan MNC Group, Ariyo pernah berkarier di tvOne dan SCTV.

Sementara itu, Anisha Dasuki diketahui lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Dia mengawali karier jurnalisnya pada 2009 sebagai pembawa acara di Metro TV. Kemudian, pada tahun 2016, Anisha bergeser ke MNC Group dan membawakan sejumlah acara di iNews, seperti iNews Petang, iNews Room dan Talk to iNews.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. TV Penyelenggara Debat

TV penyelenggara debat capres-cawapres akan bertindak sebagai pemegang hak siar. Pada debat ketiga pilpres, sesuai dengan surat keputusan KPU, MNC Group seperti RCTI, GTV, MNC TV dan iNews TV adalah tv pool jalannya debat.

Namun, dikarenakan mendapat protes dari tim sukses kubu capres-cawapres nomor urut 2 (TKN), maka KPU menambahkan Garuda TV sebagai bagian dari tv pool.

Alasan protes oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melakukan protes dan menolakan MNC Group sebagai tv penyelenggara debat pilpres 2024 ketiga lantaran sang empunya tv adalah pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md yakni Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo. TKN menilai MNC terlalu mendominasi dan dikhawatirkan tidak netral.

5. Lokasi Debat

Dalam rapat bersama KPU dan masing-masing tim sukses pasangan calon juga tv penyelenggara debat, lokasi debat disepakati tetap berada di Jakarta dengan mengambil tempat Istora Senayan Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.