Sukses

Lanjutkan Safari Politiknya di Indonesia Timur, Ketum PSI Sapa Warga Maumere

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melanjutkan safari politiknya ke Maumere, Maluku.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melanjutkan safari politiknya ke Maumere, Maluku. Rabu (27/12/2023). Di sana dia sambut meriah oleh masyarakat.

Yang menarik, masih ada yang memanggil dirinya sebagai Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan kakaknya dan juga calon wakil presiden di Pemilu 2024.

"Mas Gibran, mas Gibran, foto mas," kata masyarakat yang meminta Kaesang untuk berfoto bersama.

Meski demikian, Kaesang pun tampak tersenyum dan tetap berfoto bareng dengan mereka.

Setelah itu, Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini pun dipersilahkan menaiki panggung.

"Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Kaesang, bukan Gibran dan beda orang. Yang satu adalah ketua umum partai dan yang satu merupakan calon wakil presiden," kata Kaesang di panggung.

Selanjutnya, ia pun berkeliling di sekitar halaman SCC Maumere. Tak lupa, Kaesang juga membeli beberapa kain tenun khas Maumere.

Sebelumnya, Kaesang juga sempat mengunjungi Keuskupan Maumere.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Survei Naik, Kaesang Yakin PSI Bisa Lolos ke DPR di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep optimis partainya lolos ke DPR. Dia menggungkapkan, elektabilitas partainya terus mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir.

"Selama ini kita bersyukur, track kita semua bagus. Dulu cuma satu koma, sekarang dua koma," kata Kaesang di Maluku, Rabu (27/12/2023).

Kaesang menerangkan hasil elektabilitas PSI berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia saat ini menunjukkan angka 2,4%.

Hal itu membuktikan hasil elektabilitas PSI mengalami kenaikan dari sebelumnya dari angka 0,8 persen dalam survei terakhir pada Agustus 2023 lalu.

Meski belum memenuhi persentasi lolos kursi di Parlemen yaitu 4 persen, namun Kaesang berharap pada bulan Februari mendatang, hasil elektabilitas PSI sudah di atas 4 persen.

"Kita berharap nanti di bulan Februari pas pencoblosan sudah di atas 4," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Survei Indikator Politik Indonesia

Sebelumnya, Lembaga Survei Indikator Politik merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas capres-cawapres hingga parpol pasca debat yang digelar KPU yang digelar pada Jumat, 22 Desember 2024.

Salah satu hasilnya adalah, elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) masih teratas. Namun angkanya anjlok dibanding survei akhir November lalu.

“Survei terbaru elektabilitas PDIP di angka 19,1 persen. Sementara sebelumnya di angka 23,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Selasa (26/12/2023).

Di posisi kedua, ada Partai Gerindra dengan 18,2 persen. Angka itu meningkat tajam dari sebelumnya yakni 16,9 persen.

Burhanuddin menyoroti penurunan suara PKS di survei, sementara PSI meningkat. PKS turun dari 5,5 persen menjadi 4,4 persen, sedangkan PSI naik dari 1,6 persen menjadi 2,4 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini